11 Tools Aplikasi Dapodik 2019, Gunakan!

11 tools aplikasi Dapodik 2019 ini menjawab tantangan para operator sekolah untuk mempercepat proses pengerjaan input data Aplikasi Dapodik yang di kerjakan oleh operator sekolah.

Pekerjaan itu tidak berhenti pada sekali semester atau dua semester. Namun pekerjaan input data sekolah ini menjadi rutinitas setiap hari dilakukan tanpa mengenal waktu.

Pasalnya tidak hanya aplikasi Dapodik saja, aplikasi turunan yang terhubung dengan Dapodik juga banyak dan harus dikerjakan juga, seperti aplikasi DHGKT, aplikasi PMP, aplikasi E-Rapor, aplikasi BioUn, aplikasi PDUN, aplikasi UNBK, aplikasi PDSS dan yang lainnya.

Bagi sekolah yang memiliki sedikit rombel mungkin tidak masalah untuk dikerjakan secara manual, kendati demikian dengan memanfaatkan 11 tools aplikasi Dapodik ini pekerjaan operator akan menjadi cepat dan efesien.

Tool-tool aplikasi Dapodik ini dibuat dan dikembangkan oleh seorang operator sekolah (Adithya Exa Ramadhan) dalam rangka untuk menjembatani para operator yang mengalami masalah.

11 Tools aplikasi dapodik ini bisa dipakai secara gratis dan yang menajubkan tools dapodik ini selalu di update mengikuti perkembangan Aplikasi dapodik dengan versi terbaru.

Apa saja 11 tools Dapodik itu?

Berikut review dan pejelasannya menegani 11 tools aplikasi dapodik 2019 tersebut.

1. Dapodik Browser 2019.b

Dapodik browser 2019.b merupakan pengembangan dari aplikasi Dapodik Browser 2019.a. Aplikasi ini digunakan untuk mempercepat proses pengerjaan input titik koordinat tempat tinggal peserta didik secara otomatis per 50 titik objek. Link Tutorial dan download : https://tinyurl.com/UpdaterAplikasiBrowserDapodik

2. Jadwal Otomatis dengan aplikasi xlsDapodik 2019.a

Aplikasi xlsDapodik 2019 akan menjawab masalah Anda dalam rutinitas tiap awal semester yakni membuat jadwal di Dapodik yang sering kali jadi permasalahan jadwal di dapodik tidak sepenuhnya dapat dimasukkan sesuai jadwal riil sekolah.

Solusinya mau tidak mau harus merombak jadwal yang sudah ada. Tentu dengan cara manual akan sangat merepotkan Anda karena tidak mudah diubah secara cepat. Dengan bantuan jadwal otomatis anti bentrok di aplikasi xlsDapodik 2019.a. semuanya akan terselesaikan dengan cepat.

3. e-Rapor SMP 2019 Tools v1.2

Aplikasi e-Rapor SMP 2019 Tools v1.2. dibuat lebih praktis tanpa melibatkan guru terlalu lama. Tugas guru mapel hanya mengisi nilai dalam format penilaian file excel. Sehingga dapat dikerjakan dimana saja tanpa terhubung dengan eRapor SMP.

Setelah selesai diisi oleh semua guru maka format penilaian file excel tinggal dicopykan ke folder IMPORT DATA, setelah itu tinggal dieksekusi melalui aplikasi eRaporSMP 2019 Tools v1.2.

Guru tidak perlu login lagi di eRapor SMP, tapi cukup dieksekusi oleh admin eRapor.

4. Aplikasi LogDapodik 2019

Aplikasi LogDapodik 2019 bisa digunakan untuk merubah data pada semester sebelumnya misal kesalahan pilihan kurikulum pada pembelajaran atau misal kesalahan memasukkan anggota rombel semester lalu.

Langkah-langkah penggunaan Aplikasi LogDapodik 2019 serta link downoad filenya bisa Anda dapatkan mealui tautan berikut : https://tinyurl.com/LogDapodik2019

5. Aplikasi LostDapodik 2019

Aplikasi LostDapodik 2019 digunakan untuk mengatasi data peserta didik yang hilang dari dapodik. Setelah dicek pada menu Peserta Didik, PD Keluar dan Anggota Rombel tetap tidak diketemukan.

Aplikasi LostDapodik 2019 yang berfungsi memunculkan kembali data peserta didik yang hilang.

Tutorial penggunaan Aplikasi LostDapodik 2019 serta aplikasi filenya bisa di download melalui link berikut : https://tinyurl.com/LostDapodik2019

6. Aplikasi ResetDB Dapodik 2019

Aplikasi ResetDB Dapodik 2019 berfungsi mangatasi masalah aplikasi Dapodik 2019 yang mengalami error tidak terhubung saat melakukan instalasi aplikasi e-Rapor atau Geisa Client sebelum Dapodik 2019.

Cara penggunaannya dan file aplikasinya bisa Anda unduh melalui tautan link berikut ini : https://tinyurl.com/ResetDBDapodik2019

7. Aplikasi Anti Fitnah Dapodik 2019

Aplikasi AntiFitnah Dapodik 2019 bisa dipakai untuk mengatasi masalah error dapodik dengan muncul pesan “Sistem mendeteksi data ……… diubah menggunakan aplikasi selain aplikasi dapodik” di menu Validasi.

Aplikasi Anti Fitnah Dapodik bersifat portable sehingga tidak memerlukan instalasi dalam penggunaannya, tinggal pakai saja dan bisa disimpan pada media flashdisk atau media lainnya.

Langkah-langkah penggunaanya dan file aplikasinya silahkan download di tautan berikut : https://tinyurl.com/AntiFitnahDapodik2019

8. Auto Respon Dapodik 2019

Aplikasi Auto Respon Dapodik 2019 mirip seperti SMS Gateway jaman dulu. Hanya pada aplikasi ini berbasis EMAIL, sementara yang disupport hanya GMAIL saja dengan pertimbangan untuk saat ini email pasti digunakan pada tiap smartphone.

Aplikasi ini bersifat memory resident / menetap di memori akan selalu mengecek secara berkala email yang masuk.

Jika ada kiriman email yang sesuai keyword maka aplikasi akan merespon sesuai permintaan berdasarkan data dari DAPODIK.

Langkah setting Aplikasi AutoRespon Dapodik di https://tinyurl.com/AutoResponDapodik2019 Anda juga bisa mendapatkan file aplikasinya.

9. Aplikasi nfoGTK 2019

Aplikasi nfoGTK 2019 aplikasi sederhana membuat template informasi GTK untuk mengetahui SKTP (terutama untuk PNS) yang mempengaruhi besarnya gaji pokok yang diterima meliputi riwayat SKGB, riwayat Kepangkatan dari TMT terakhir, JJM dan linieritas mapel yang kadangkala terjadi kesalahan data Whatsapp dengan cara di copy dan paste hasilnya di grup Whatsapp untuk info validasi data guru. link tautan https://tinyurl.com/AplikasiInfoGTK2019

10. Aplikasi Konsep Ijazah SMA 2018

Aplikasi Konsep Ijazah SMA 2018 kembangkan dengan program VBA Excel yang sudah dapat terkoneksi dengan Dapodik. Sehingga data dan pengolahan nilai rata-rata rapor dan USBN diambil langsung dari Dapodik.

Hanya hitungan menit sudah bisa membuat Konsep Ijazah SMA sesuai Perka Nomor 016/H/EP/2018, tinggal diserahkan printoutnya kepada petugas penulis ijazah.

11. Aplikasi Input Nilai USBN Dapodik

Aplikasi Input Nilai USBN Dapodik dengan Exim Nilai Dapodik 2018b
dengan cukup simpel tidak pakai ribet sehingga dapat menghemat waktu.

Bagi yang tertarik dapat manfaatkan Exim Nilai Dapodik 2018b versi 2.5 RC1 yang link dapat diunduh kesini: https://tinyurl.com/AplikasiInputNilaiUSBNDapodik

11 tools aplikasi Dapodik diatas mampu membantu pekerjaan operator Dapodik.

Jika Anda merasa membutuhkannya siahkan Download langsung aplikasinya melalui laman resminya karena suatu saat aplikasi tools Dapodik tersebut bisa mengalami update perubahan dan pembaharuan atau bahkan sudah di hapus karena sudah tidak berfungsi dengan versi Dapodik 2019 yang terbaru.

Update: