3 Cara Cek Validasi NPWP Guru

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak tidak hanya diberlakukan bagi perusahaan maupun pegawai negeri saja. Bagi guru yang sudah bersertifikasi juga diwajibkan untuk memiliki NPWP.

NPWP guru dipakai untuk validasi SKAKPT untuk penyaluran tunjangan profesi guru baik di lingkungan Kemdikbud maupun di lingkungan Kemenag.

Anda bisa mengajukan pendaftaran NPWP secara offline maupun online. Jika kota Anda dekat dengan kantor dinas perpajakan maka lebih baik Anda langsung datang ke kantor pajak untuk mendapatkan NPWP karena lebih mudah dan cepat.

Sebagai alternatif, Anda bisa mendaftarkan NPWP Anda secara online. Untuk cara daftar NPWP online dengan mudah, Anda bisa mengikuti tautan tersebut.

NPWP tidak adat batas masa penggunaan, NPWP bisa dipakai seumur hidup. Kendati demikian terkadang NPWP juga ada yang tidak aktif atau terdeteksi palsu.

Untuk melihat detail data NPWP Anda harus datang ke kantor dinas perpajakan, atau jika ingin melihat NPWP secara online maka Anda harus mempunyai akun di https://ssereg.pajak.go.id/.

Cara cek validasi NPWP yang saya maksud disini adalah hanya memastikan kebenaran nomor NPWP saja tidak menunjukkan secara detail data pemegang NPWP. Karena NPWP bersifat pribadi dan rahasia maka pihak Dirjen Pajak juga tidak memberikan akses online secara umum.

Ada 3 cara alternatif untuk melihat vailadsasi nomor NPWP Anda secara online cepat dan termudah. Berikut langkahnya :

1. Cek Validasi NPWP melalui situs pihak ke tiga.

  1. Silahkan kunjungi situs http://ceknpwp.com/
  2. Masukkan nomor NPWP Anda
  3. Tekan cari

Perlu Anda pahami bahwa situs diatas tersebut bukan situs resmi dari Dinas perpajakan. Situs tersebut hanya sebagai referensi untuk melakukan verifikasi NPWP. Jadi secara desklaimer mereka tidak bertanggung jawab jika data tidak sesuai. Data yang ditampilkan bersumber dari situs DJP http://pajak.go.id/.

2. Cek Validasi NPWP melalui situs pajak.go.id.

  1. Silahkan akses alamat https://ssereg.pajak.go.id/accounts/newaccount.aspx
  2. Entrikan nomor NPWP Anda
  3. Masukkan email Anda
  4. Input kode pengaman lalu tekan register
cara validasi npwp melalui ssereg.pajak.go.id

3. Cek Validasi NPWP melalui situs
sse3.pajak.go.id.

Seperti halnya cara yang kedua, situs ini merupakan situs resmi dari DJP, saya merekomendasikan untuk cek validasi NPWP melalui situs resminya.

  1. Kunjungi alamat https://sse3.pajak.go.id/
  2. Masukkan NPWP 15 digit
  3. Masukkan PIN
  4. Login
Cek Validasi NPWP melalui situs  
sse3.pajak.go.id.

Anda bisa melihat detail data NPWP Anda. Namun jika anda belum mempunyai akun silahkan daftar terlebih dulu. Untuk bantuan permaslahan pajak silahkan Hubungi 1 500 200.

3 cara cepat untuk cek kevalidan NPWP bagi guru diatas silahkan digunakan mana yang termudah bagi Anda.

Update: