Cara Cek Status Pembayaran TPG 2019 Guru Swasta

Pembayaran TPG bagi guru swasta (Non PNS) dan guru Negeri (PNS) berbeda cara penyalurannya. Guru swasta penyaluran TPG nya langsung melalui tranfer pusat, sedangkan guru Negeri penyaluran TPG nya melalui transfer daerah.

Bagi guru yang baru mendapatkan tunjangan sertifikasi untuk triwulan 1 tahun 2019, jika statusnya guru negeri maka pencairan tunjangannya inklud dengan rekening pegawainya. Sedangkan untuk guru swasta rekening Bank penerimaan secara otomatis akan dibuatkan oleh pusat. Oleh karena itu, ketika kita melihat pada info GTK maka nomor rekning bank nya akan muncul “xxx”.

Informasi rekening bank biasanya akan diinformasikan oleh dinas setempat ketika sudah proses pencairan. Namun untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan tunjangan tersebut lembar validasi info GTK Anda sudah mendapatkan nomor SKTP Anda bisa melihat pada menu tabel tunjangan profesi.

Anda juga bisa melihat secara langsung status pembayaran TPG, Silahkan cek info GTK Anda!

status pembayaran TPG triwulan 1 tahap 4 tahun 2019

Jika statusnya sudah dalam proses, selanjutnya Anda datang ke bank bersangkutan dengan membawa dokumen persyaratan pencairan di Bank. Foto Copy KTP, Foto Copy Kartu NUPTK/NRG (jika ada), Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan guru di sekolah tersebut dan dicantumkan NUPTK, NRG, Nomor Peserta dan alamat sesuai KTP.

Hal ini berbeda jika data info GTK Anda belum berSKTP meskipun sudah valid maka Anda tidak akan melihat data status pembayaran TPG Anda seperti diatas.

Sebagai tambahan informasi penting dari laman info GTK terkait banyaknya guru non induk yang JJM nya tidak bisa terbaca.

Jika di sekolah Anda terdapat guru non induk menambah jam, maka pastikan proses memasukan data gurunya dengan metode tarik PTK. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Sekolah yang akan menarik login ke http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Masuk menu Tambah PTK
  3. Cari sekolah asal PTK dan nama PTK
  4. Tambahkan
  5. Hubungi dinas untuk persetujuan
  6. Buka aplikasi dapodik sekolah, dan sync
  7. Mapping pembelajaran
  8. syncron ulang

Bila di sekolah lama ada ptk bukan hasil tarik ptk yang dulu sudah ditambahkan, maka Mutasikan dulu, kemudian sync, baru lakukan langkah diatas.

Update:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *