Cara Memperoleh (NUKS) Nomor Unik Kepala Sekolah

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 yang segera dirilis Agustus ini akan memberlakukan pengentrian nomor KK serta Nomor unik kepala sekolah (NUKS). Kendalanya, tidak semua kepala sekolah memiliki NUKS tersebut baik yang berstatus Negeri maupun Swasta.

NUKS sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mempersyaratkan bahwa seorang kepala sekolah/madrasah harus memiliki sertifikat kepala sekolah/madrasah agar dapat memberikan legalitas kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial di mata publik.

Sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 yang dinyatakan bahwa seorang kepala sekolah diharapkan memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

Sebagai mekanimesnya ada 3 Lembaga yang berperan dan bertanggungjawab dalam proses pemerolehan Sertifikat Kepala Sekolah/Madrasah dengan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) bagi calon kepala sekolah, yakni:

  1. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).
  2. Lembaga Penyelenggara Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah/Madrasah (LP2CKSM).
  3. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Bagi calon kepala sekolah negeri diwajibkan untuk mengikuti diklat calon kepala sekolah/madrasah sehingga memiliki kelayakan dan memenuhi persyaratan baik secara administratif maupun akademik sebagai kepala sekolah. Hal ini berbeda dengan proses pengangkatan kepala sekolah yang berstatus swasta.

Secara garis besar prosedur pemerolehan sertifkat dan NUKS terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Penerimaan data lulusan diklat calon kepala sekolah/madrasah; 2) Verifikasi; 3) Penerbitan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah (NUKS); 4) Penyerahan sertifikat.

Untuk mencari NUKS secara online, kunjungi laman situs LPPKS http://lppks.kemdikbud.go.id/ . Kemudian login menggunakan NUKS dan tanggal lahir atau pilih Pencarian NUKS untuk mencari NUKS yaitu dengan memasukkan nama dan tanggal lahir.

Update: