Cara Tambah PTK Mengajar Dapodik

Posted on

Cara menambah PTK guru mengajar baru di Dapodik serta menarik data PTK guru mengajar ke Aplikasi Dapodik bisa dilakukan kapan saja, baik di semester ganjil mapunu di semester genap.

Namun, hal ini ada perbedaan antara menambahkan PTK guru baru dan menarik data PTK guru lain satmikal ke aplikasi Dapodik.

Aplikasi Dapodik sejak tahun 2018 sudah tidak bisa digunakan untuk menambahkan PTK baru melalui operator sekolah. Menambahkan PTK baru ke aplikasi Dapodik untuk guru tersebut harus melalui Admin KKDATADIK atau operator Dinas.

(PTK) Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi guru yang baru dan tidak terdaftar pada sekolah yang lainnya selain mengajar di sekolah induk, maka untuk memasukkan datanya di aplikasi Dapodik Dinas / KKDATADIK, tidak bisa dengan melakukan penarikan data langsung di laman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Prosedur Tambah PTK Baru di Dapodik

  • PTK/Guru baru datang ke operator Dinas / KKDATADIK.
  • Bawa dokumen SK, SKBM, Form pengajuan tambah PTK, F-GTK.
  • Setelah disetujui, Operator sekolah melakukan sinkronisasi penarikan data PTK.

Data PTK baru yang sudah masuk ke aplikasi Dapodik selanjutnya, operator melengkapi data guru tersebut sesuai dengan formulir Guru dan tenaga Kependidikan (F-GTK).

Sedangkan untuk penarikan data PTK guru baru non satmikal ke aplikasi Dapodik dilakukan melalui laman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Cara Tarik PTK baru Ke Aplikasi Dapodik

  • Buka laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Pada menu “Guru dan Tendik” klik tombol “Tambah GTK”
  • Pilih sekolah asal dan tampilkan
  • Pilih nama guru dan simpan
  • Lihat pada tabel record “Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditambahkan”
  • Agar disetujui PTK melakukan verifikasi ke operator Dinas dengan membawa dokumen SK, SKBM dari sekolah yang akan ditempati mengajar.
  • Setelah disetujui, Operator sekolah melakukan sinkronisasi penarikan data PTK.

Selanjutnya operator sekolah hanya bisa melakukan registrasi keaktifan dan menambahkan JJM Mapel PTK tersebut. Operator sekolah tidak diberika akses untuk merubah dan menambahkan data yang lainnya.

Karena kapasitas PTK tersebut statusnya adlah non satmikal, jika ingin mengakses seluruh data PTK maka harus dilakukan proses pindah satmikal sekolah induk.

Berbeda dengan proses penambahan PTK baru pada langkah yang pertama, secara otomatis PTK baru tersebut menjadi guru satmikal di sekolah induk sehingga operator bisa menambah dan merubah data PTK tersebut.

Demikianlah prosedur cara tambah dan tarik PTK mengajar guru baru di aplikasi Dapodik 2019. Semoga bermanfaat.

Update:

  • cara memasukkan gtk baru ke dapodik
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.