Cek Analisa Kebutuhan Guru Info GTK

Posted on

Sampai sekarang di akhir menjelang waktu cut off penarikan data TPG masih banyak guru yang belum valid data Info GTK nya, terutama pada linieritas pemenuhan jumlah jam mengajar yang masih bermasalah. Sebagian data Info GTK guru sudah menampilkan status pencairan triwulan III untuk bulan Juli-September 2019. Tunjangan profesi guru bukan PNS yang dibayar oleh pusat dapat dicek pada rekening penerima dalam jangka waktu 14 hari kerja setelah tanggal terbit SP2D.

Analisa kebutuhan guru akan menampilkan perhitungan total jumlah jam mata pelajaran dan jumlah jam lintas minat yang dibagi dengan jumlah guru ideal. Maka jika dalam data verifikasi tunjangan profesi beban mengajar Anda keterangannya jam linier Anda belum memenuhi syarat, Anda bisa melihat analisa kebutuhannya.

Minimalnya beban mengajar adalah 24 JJM baik untuk jumlah jam mapel atau dengan jumlah jam tugas tambahan. Setidaknya beban JJM guru mengajar di induk adalah 12 jam untuk jam mapelnya sehingga ketika memakai JJM tugas tambahan (Waka, Ka. Perpus, Ka. Lab) 12 JJM sama dengan 24 jam.

Jika mengambil jam diluar sekolah non induk maka yang bisa diakui hanya 6 JJM. Untuk memenuhi 24 jam maka perhitungannya adalah 12 JJM induk ditambah 6 JJM non induk dan ditambah 6 JJM ekuvalen, maka totalnya 24 jam.

Masalahnya 6 JJM ekuivalen terkadang tidak bisa semua diakui yang muncul dan diakui terkadang hanya 2 JJM karena ini juga dihitung dari jumlah rombel yang ada. Untuk lebih amannya, minimalnya untuk jam induk gunakan 16 JJM ditambah 6 JJM non induk dan 2 JJM ekuivalen pembina atau wali kelas.

Baca Juga :

Yang perlu diperhatikan lagi jika menggunakan jam tambahan ekuivalen pembina maka harus disertakan tanggal TST nya dan juga anggota rombelnya. Banyak yang belum valid di tugas ekuivalen ini karena mengabaikan aturan tersebut.

Begitu juga untuk penambahan jam lintas minat. Rombel lintas minat tidak bisa dipaksakan untuk dua guru dalam satu rombel. Jika hal ini terjadi maka akan terdeteksi tidak normal atau kelebihan rombel sehingga mempengaruhi kevalidan Info GTK Anda. Dan jam ini hanya bisa ditambahkan dalam rombel teori.

Jadi analisa kebutuhan guru benar-benar sudah diterapkan, kedepannya untuk mengantisipasi pemenuhan jumlah guru ideal maka sebelum melakukan maping JJM di Dapodik sebaiknya hitung dahulu JJM agar guru yang sertifikasi bisa dioptimalkan JJM nya dengan baik.

Bagi guru yang sudah keluar SP2D maka tinggal menunggu pencairan tunjangan TPG ke rekeningnya setelah minggu kedua di bulan Desember ini.

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *