Cek Info GTK Semester Genap 2019 Periode Januari-Maret

http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ Semester genap 2019 periode Januari – Maret proses data status persiapan validasi data guru yang terbaru untuk pencairan TPG triwulan 1 tahun anggaran 2019.

Info validasi data guru ini fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data individu berdasarkan dapodik dari sekolah induk maupun non induk.

Agar pencairan TPG triwulan 1 tahun anggaran 2019 bisa tersalurkan. Info guru yang paling penting menjadi perhatian dan harus valid pada lembar validasi GTK diantaranya :

  1. Status kepegawaian yang menyangkut TMT SK dan sumber gaji
  2. JJM tugas tambahan
  3. Linieritas JJM sekolah induk dan non induk
  4. Rombel mapping mata pelajaran
  5. Data kehadiran guru

Jika status validasi data tunjangan profesi masih terdapat kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data.

Cara Cek Info GTK Semester Genap 2019 Periode Januari-Maret

Ada 3 cara untuk melihat info PTK validasi data guru.

1. Cek Info GTK langsung melalui laman info.gtk.kemdikbud.go.id

Langkahnya :

  • Buka laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id
  • Masuk dengan username : NUPTK / NRG (untuk inpassing) / NIK
  • Password : Tangggal lahir (YYYY//MM/DD)
  • Pilih semester 2 (2018/2019)
  • Masukkan kode dan tekan login

Ada sedikit perbedaan dalam penggunaan username. Username NUPTK dipakai untuk login guru yang sudah sertifikasi maupun guru yang belum sertifikasi.

Username NRG dipakai untuk login guru sertifikasi yang juga mendapatkan dana JabFung GBPNS (Jabatan Fungsional) yakni inpassing.

Sedangkan username NIK dipakai login untuk guru yang belum memiliki NUPTK, namun terkadang login di Info GTK menggunakan NIK sering terjadi error.

Agar bisa login di Info GTK dengan lancar guru harus mempunyai NUPTK yang sudah di verval. Jika guru belum punya NUPTK atau masih bermasalah berikut cara pengajuan dan verval NUPTK 2019 dengan benar dan cepat diproses.

2. Cek Info GTK melalui laman app.simpkb.id

Sim PKB merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Program tindak lanjut dari hasil pemetaan kualitas guru (KKG) dengan menggunakan instrumen Uji Kompetensi Guru (UKG).

Langkahnya :

  • Buka laman https://app.simpkb.id
  • Masukkan username : email simpkb
  • Password : 6 huruf Angka dan nomerik
  • Pada dasbor Sim PKB scroll kebawah pilih kotak Info GTK dan tekan
  • Secara otomatis login ke Info GTK Anda

Dalam hal ini, Anda tidak bisa melakukan cek info GTK Anda melalui Sim PKB jika belum bergabung di KKG. Jika And belum mempunyai akun Sim PKB silahkan lihat bagaimana cara daftar akun SIM-PKB 2019 dengan mudah untuk guru mapel baru.

3. Cek Info GTK melalui beranda http://info.gtk.kemdikbud.go.id

Cara cek data guru di info GTK yang ketiga ini berbeda dengan cara yang pertama. Karena cara cek info GTK ini hanya menampilkan keterangan validasi data guru secara umum tanpa harus masuk ke dasbornya.

Langkahnya :

  • Kujungi alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Lihat pada tabel Daftar Nama Guru Belum Valid sehingga SKTP tidak bisa terbit (periode Januari-Maret 2019)
  • Anda bisa mencari dengan cara memasukkan nama Anda dan nama sekolah kemudian tekan “tampilkan data guru

Layanan beranda Info GTK tersebut berisi daftar guru yang belum terbit SKTP karena data dapodiknya maih bermasalah. Silahkan digunakan untuk melihat data Anda atau teman Anda untuk di informasikan kepada guru yang namanya terdaftar dalam list diatas.

Untuk melihat detail kesalahan silahkan lihat melalui info PTK yakni dengan cara yang pertama maupun yang kedua dan perbaikan kesalahannya melalui dapodik sekolah.

Melalui sinkronisasi dapodik perbaikan data akan diakomodir selama SKTP guru tersebut belum terbit dan belum melewati semester berjalan atau cut off.

Dengan 3 cara Cek Info GTK Semester Genap 2019 Periode Januari-Maret
untuk pencairan TPG triwulan 1 tahun anggaran 2019 mana pilihan yang terbaik untuk Anda silahkan digunakan.

Update: