Cara Cetak Ajuan SKMT Pendis Untuk TPG 2019 GPAI

Pemberkasan TPG periode Januari-Maret 2019 triwulan 1 sudah dibuka, untuk memulai pemberkasan yang di awali dengan verval data di aplikasi Siaga Pendis khususnya bagu guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Syarat utama untuk mendapatkan pencairan dana TPG, guru sudah harus mendapakan SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas). SKMT tidak lagi dibuat secara manual seperti tahun yang lalu, SKMT dibuat secara system yang diambil dari data tugas mengajar dan tugas tambahan.

SKMT juga sebagai bukti keaktifan guru telah melaksanakan tugas dan mengajar di sekolah induk maupun non induk.

SKMT belum bisa di cetak apabila Anda belum mengisi jadwal pelajaran dan tugas tambahan. Begitu juga Anda belum bisa mengisi jadwal dan tugas tambahan jika data portopolio Anda belum di final verifikasi oleh Admin Siaga Pendis Kabupaten / Kota.

Jika langkah diatas sudah Anda lalui, maka untuk mencetak dan mengajukan SKMT, pada menu data Administrasi : Sertifikasi, NRG, TPG juga harus terverifikasi oleh Admin Siaga pendis Kabupaten/Kota maupun Admin pusat.

Bagaimana langkah yang benar mencetak ajuan SKMT di Siaga Pendis?

Fitur SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas) ini akan bisa dibuka
ketika Anda sudah melengkapi beberapa data, yaitu :

  1. Sudah mengisi jadwal mengajar dan memenuhi 24 JTM (verval jadwal mengajar).
  2. Sudah sertifikasi (verval sertifikasi)
  3. Sudah melengkapi data TPG

Jadi pastikan ke-tiga langkah diatas sudah Anda lakukan dengan benar.

Jika 3 (tiga) syarat tersebut belum lengkap, dan juga jika SKMT belum diverval TIDAK masuk dalam penghitungan JTM, maka menu SKMT tidak bisa anda buka.

Jika 3 (tiga) syarat di atas sudah Anda lengkapi, maka menu SKMT sudah bisa dibuka. Tampilan menu ini akan menyesuaikan dengan penghitungan jumlah JTM yang sudah diverval oleh Kabupaten/Kota.

Jika penghitungan JTM sudah memenuhi, maka tampilan seperti gambar

penghitungan JTM sudah memenuhi

Pada laman ini Anda bisa mengunduh SKMT di masing-masing tempat tugas baik itu Sekolah induk maupun sekolah non induk. Selanjutnya mengunduh dan mencetak SKMT, lalu mengunggah kembali dokumen SKMT yang sudah ditandatangani.

Klik tombol “Ajukan Verval” agar muncul dalam daftar Verval SKMT di Akun Kemenag Kabupaten/Kota.

Setelah SKMT Anda final terverifikasi maka Anda tinggal menunggu proses pembayaran TPG periode Januari-Matet 2019 triwulan 1.

Update: