Cukupkah 3 Hari Sinkronisasi untuk Perbaikan Data Calon Peserta UN Tahun 2019

Posted on

DIBUKA HANYA 3 HARI! Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen Periode Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 untuk Perbaikan Data Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2019.

Mengingat urgensi perbaikan data tersebut, Dinas Pendidikan dan Sekolah diharapkan dapat segera melakukan percepatan perbaikan data calon peserta Ujian Nasional yaitu perbaikan data Nomor Induk Siswa (NIS), perbaikan data Nama Ayah Kandung, dan data peserta didik belum masuk Anggota Rombel melalui Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 atau versi 2019.b serta selanjutnya melakukan sinkronisasi.

Pertanyaannya, Cukupkah hanya dengan 3 hari mampu merubah data perbaikan peserta didik?

Bagaimana mungkin Dapodikdasmen hanya memberikan peluang 3 hari untuk memperbaiki data peserta didik yang masih bermasalah tanpa harus melihat secara lengkap kompleksitas permasalahannya.

Mungkin jika masalahnya hanya terdapat pada NIS atau Nopes UN bisa dimaklumi batas cut offnya hanya 3 hari dengan hitungan 2×24 jam kita bisa melihat hasil perubahan sinkronisasi pada laman PDUN.

Masalahnya akan menjadi berbeda dan sangat sulit jika perbaikan data yang terjadi meliputi kesalahan NISN, Nama Siswa, Tanggal lahir karena membutuhkan waktu yang sedikit agak lama menanti approval dari PDSPK langsung bahkan bisa sampai 1 bulan. Karena tidak hanya sekedar sinkronisasi, juga membutuhkan verval PD.

Cut off 3 hari terakhir, kita semua berharap OPS sudah tidak lagi mengalami masalah invalid data peserta didik khususnya siswa akhir yang akan mengikuti Ujian Nasional 2019 nanti. Sehingga perbaikan data hanya fokus pada NIS dan data nama ayah kandung.

Mungkin perbaikan nama ayah kandung akan digunakan sebagai data sertifikat hasil ujian (SHUN) online Sehingga data tersebut tidak boleh salah. Silahkan lihat di alamat berikut https://shun.puspendik.kemdikbud.go.id

Lepas dari 3 hari batas cut off, bahwa sinkronisasi data periode semester 1 tahun ajaran 2018/2019 sangat penting untuk dilakukan oleh semua sekolah mengingat data prefill ini yang akan digunakan untuk Dapodik 2019 versi 2 c di semester 2 tahun ajaran 2018/2019.

Cara yang cepat untuk perbaikan data peserta didik hanya fokus pada kelas akhir (12 tingkat SMA/SMK) (9 tingkat SMP/MTs). Merubah NIS letaknya pada menu “Registrasi” Sedangkan untuk merubah data wali siswa letaknya pada dasbor data siswa.

Langkahnya : Ceklis siswa > tekan menu ubah data > Scrool kebawah cara data wali siswa > Edit data ayah kandung sesuai dengan KK > Simpan.

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.