Dapodik 2019 Semester 2 Ikuti Petunjuknya Agar Sukses

Posted on

Aplikasi Dapodik 2019 semester 2 (genap) segera di rilis pebruari mendatang, sementara ini masih melanjutkan sinkronisasi semester ganjil untuk persiapan verifikasi cut off BOS.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, yang dikerjakan Operator ketika Aplikasi Dapodik semester Genap di buka:

  1. Isi data Periodik dan Sanitasi Sekolah, melalui tab Sekolah
  2. Isi data Sarpras sekolah, melalui tab Sarpras
  3. Isi data Periodik Siswa, melalui tab Peserta Didik, cukup menekan “Salin Data Periodik”
  4. Isi penugasan PTK melalui tab PTK, cukup menekan “Salin Penugasan”
  5. Melanjutkan semester rombel, pada tab Rombongan Belajar
  6. Lengkapi data-data siswa, khususnya NIK (infonya di semester genap ini akan di invalidkan kalau tidak di isi)
  7. Entri Jam mengajar dan Tugas Tambahan PTK (klo tidak dientri, siap siap dapat “interogasi” dari PTK yang sudah sertifikasi)
  8. Entri Nilai Raport Siswa
  9. Entri nilai US/USBN

Jika aplikasi Dapodik 2019 semester genap mengalami perubahan dan pembaharuan maka dipastikan akan menggunakan installer Dapodik terbaru. Cek pembaharuan Dapodik semester 2 di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Namun akan menjadi hal yang berbeda jika merilis updapternya cukup melakukan update pada dasbor aplikasi Dapodiknya saja.

Melakukan instalasi Aplikasi Dapodik 2019 dan registrasi secara offline membutuhkan data prefill Dapodik yang harus di download terlebih dulu.

Untuk operator sekolah yang masih baru silahkan baca cara download data prefill Dapodik 2019 dan langkah registrasinya secara offline agar tidak mengalami masalah.

Meskipun demikian, menyiapkan data-data untuk semester genap tidaklah begitu mudah terlebih jika sekolah tersebut mempunyai rombel dan jumlah peserta didik yang banyak.

Anda bisa saja melakukannya secara manual namun hal itu akan menyita waktu. Kenapa? Biasanya yang terjadi ketika ada pembaharuan Dapodik akan terjadi juga beberapa perubahan pada tabel record yang menjadi error dan bermasalah.

Untuk mepercepat pengerjaan operator dalam memasukkan data di Dapodik bisa menggunakan tools pembatu Dapodik 2019 yang sudah banyak di pakai oleh para operator.

Cara input data Dapodik 2019 semseter 2 (genap) secara manual

Langkah input data Dapodik 2019 semester 2 secara manual ini akan di jelaskan satu persatu seperti yang sudah di list pada bagian atas.

1. Cara isi data periodik dan sanitasi sekolah

Pada menu sekolah => dibagian data rinci sekolah => isi dengan lengkap setiap tabel menunya.

Pada dasbor data periodik ini tidak memiliki menu aksi salin periodik jadi harus di input secara manual. Jika ingin lebih cepat silahkan gunakan tools Dapodik 2019.

2. Cara Isi data Sarpras sekolah

Pada menu sarpras => klik pada menu aksi => salin data periodiknya.

3. Cara Isi data Periodik Peserta didik

Pada menu peserta didik langsung tekan menu salin data periodiknya.

4. Cara Isi penugasan PTK dan tendik

Pada menu GTK silahkan langsung tekan menu salin penugasannya. Setelah itu pilih nama guru untuk memperbarui penugasan pada menu penugasan centang keaktifan PTK pada semester berjalan (Januai-Juni). Simpan dan tutup.

5. Cara Melanjutkan semester rombel

Pada tab Rombongan Belajar menu reguler => pada menu aksi => lakukan lanjutkan semester.

6. Cara Melengkapi data-data peserta didik

Pada menu peserta didik=>klik pada tabel peserta didik=>klik pada menu ubah=>lengkapi data pesrta didik

7. Cara Entri Jam mengajar dan Tugas Tambahan PTK

Pada menu GTK=>pilih menu guru=>klik pada tabel guru=>menu ubah=>cek pada menu tugas tambahan dan menu-menu yang lainnya.

Terutama pada GTK yang baru lulus sertifikasi semua tabel record data rinci dan tabel record tambahan harus di isi dengan lengkap supaya dapat terbaca di info GTK.

8. Cara Entri Nilai Raport Siswa

Entri nilai raport peserta didik biasanya menunggu dibkanya menu nilai raport oleh admin operator dinas setempat.

9. Cara Entri nilai US/USBN

Entri nilai US/USBN peserta didik khususnya kelas akhir juga biasanya menunggu dibukanya menu nilai US/USBN oleh admin operator dinas setempat.

Entri nilai raport dan nilai US/USBN membutuhkan waktu yang sangan lama karena operator biasanya menghandel semua pekerjaan guru. Agar pengentrian nilai tersebut cepat silahkan memakai apliaksi entri nilai Dapodik 2019.

Selamat bekerja mengisi data Dapodik 2019 semester 2 genap tahun pelajaran 2018/2019. Semoga sukses dan tidak mendapatkan masalah.

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.