Dapodik : Aplikasi Prefill 2019 dan Cara Registrasinya

Posted on

Prefill Aplikasi Dapodik 2019 terbaru menggunakan Prefill 2019. Data prefil Dapodik merupakan back up data pembaharuan yang di update sesuai dengan kondisi data terakhir kali yang di sinkronisasi di dalam server dapdodikdasmen.

Hal ini tujuannya untuk memfasilitasi sekolah yang bermaslaah dengan aplikasi dapodiknya. Entah penyebabnya itu karena komputernya rusak , atau melakukan uninstall ulang karena ada pembahruan dari aplikasi Dapodik itu sendiri.

Dengan adanya data prefill baru tersebut sekolah dapat melakukan registrasi kembali sesuai dengan prosedur instalasi awal, dan mendapatkan data yang sesuai dengan hasi sinkronisasi yang terakhir kali, sehingga sekolah tidak perlu lagi melaukan input data dari awal.

Apa yang harus di lakukan sebelum meng-generate data prefill dapodik?

Dapodik akan mengambil data terakhir kali yang di sinkronkan oleh operator ke server pusat dengan waktu 2×24 jam paling cepat. Jadi Anda sebelum menggenerate data prefill, pastikan bahwa Anda sudah pernah sebelumnya melakukan updating data dengan sinkronisasi yang terakhir kali.

Jangan pernah melakukan kesalahan dengan menggenarate data prefill saat itu juga setelah melakukan sinkronisasi. Anda tidak akan mendapatkan data apapun dari yang terbaru.

Bagaimana cara mendownload prefill Dapodik 2019

Data prefill dapodik yang terbaru dapat di generate melalui aplikasi prefill Dapodik 2019 di laman : http://118.98.166.60/prefill_dikdasmen_201904/generate_prefill.php. Prefill aplikasi Dapodik 2019 tersebut untuk semua jenjang tingkatan sekolah (SD, SMP, SMA).

Langkahnya :

  1. Kunjungi tautan laman prefill diatas.
  2. Masukkan data Anda (Usernam dan Password) sesuai dengan Dapodik
  3. Masukkan kode registrasi
  4. Klik Generate

Kode registrasi di dapat dari akun SDM – PDSPK. Jika Anda tidak mempunyai kode registrasi maka Anda bisa mengunjunginya di tautan berikut http://sdm.data.kemdikbud.go.id Anda harus login dengan akun email yang sudah pernah didaftarkan sebelumnya.

Di gunakan untuk apa data Prefill Dapodik?

Seperti yang saya singgung pada paragraf diatas bahwa data prefill Dapodik digunakan untuk registrasi ulang pada aplikasi Dapodik yang baru saja telah dilakukan uninstall dan install ulang.

Registrasi ulang aplikasi Dapodik bisa dilakukan dengan dua cara, yakni : secara online dan secara offline. Pada dasarnya registrasi dapodik baik secara online maupun offline prosesnya sama hanya beda pada generate prefillnya saja.

Registrasi Dapodik sekolah yang dilakukan secara online tidak lagi memerlukan data prefill Dapodik, cukup dengan memastikan kestabilan koneksi internetnya saja karena bisa digenerate secara online.

Sedangkan registrasi Dapodik sekolah yang dilakukan secara offline harus memasukkan data prefill kedalam folder “prefill_dapodik” yang berada di dalam data :C folder dapodik. Registrasi ini tanpa membutuhkan koneksi internet.

Data prefill tidak ditemukan saat regitrasi Dapodik offline

Saat melakukan registrasi ulang Dapodik secara offline ada beberapa hal penyebab gagalnya dalam melakukan registrasi ulang tersebut. Berikut ini Anda harus memastikannya agar sukses saat registrasi ualng.

  1. Secara umum data prefill tidak ditemukan saat registrasi offline karena belum menaruh data prefill pada folder prefill_dapodik.
  2. Mengganti nama file data prefill. Biarkan nama dan filenya secara default dan jangan sampai merubah nama file tersebut.
  3. Masih terhubung dengan koneki internet. Putuskan sementara koneksi iterntnya.
  4. Data prefill terblock oleh anti virus. Matikan antivirus komputernya

Dengan memahami langkah-langkah diatas, semoga bisa membantu para OPS untuk mengatasi masalah berkaitan dengan Dapodik : Aplikasi prefill 2019 di semeter genap tahun 2018/2019 mendatang.

Setelah sukses melakukan instalasi dapodik 2019 versi baru terkadang masih menyisakan bug atau error ketika pertama kali aplikasi Dapodik dibuka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan tools Aplikasi Dapodik yang sudah terbukti bisa menyelesaikan berbagai masalah error tersebut.

Namun sebelum menggunakan, Anda juga harus memastikan tools aplikasi Dapodik tersebut dalam versi yang terbaru yang kompatibel dengan versi Dapodiknya.

Update:

  • prefil dapodik versi 2020a
  • generate prefill dapodik 2020a
  • mengatasi prefill dapodik tidak ditemukan 2019
  • prefil dapodik 2020a
  • saat regis dapodik 2020 a prefil dapodik tidak ditemukan
  • download prefill dapodik 2020a
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.