DHGTK Trial dan Error

DHGTK Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Apa Itu?

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia.

Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :

  • Login dengan userid kepala sekaolah
  • Login dengan userid operator dapodik

Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing.

Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron.

Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.

DHGTK Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Untuk Apa?

Mulai tahun pelajaran 2018/2019 kehadiran guru diperhitungkan sebagai pemenuhan beban kerja guru sebagai pegawai yang secara keseluruhan paling sedikit 37,5 jam kerja dalam 1 (satu) minggu sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa menjelaskan bahwa Daerah wajib membayarkan Tunjangan Profesi (TP) Guru PNSD kepada guru yang berhak dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah diterimanya Dana TP Guru PNSD.

Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) dirancang untuk mempercepat proses pembayaran Tunjangan Profesi.

Pencatatan kehadiran guru dilakukan secara online menggunakan aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang terdapat pada situs http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id.

Dengan demikian tidak ada lagi pemberkasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan sesuai kewenangannya terkait dengan penyaluran TP Guru PNSD.

Penyaluran TP dapat dipantau melalui aplikasi Info GTK dan aplikasi SIM-Bar (Operator KKDATDIK) yang dapat diakses oleh para pemangku kepentingan pendidikan.

Sember artikel resmi http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/

DHGTK Trial dan Error Pelaksanaan di Lapangan

Jika DHGTK dijadikan acuan kehadiran guru yang diperhitungkan sebagai pemenuhan beban kerja guru serta realisasi pembayaran TPG kenapa masih trial dan error?.

Banyak sekali operator sekolah yang mengeluhkan tentang aplikasi DHGTK ini. Pasalnya tidak hanya lambat saat diakses namun sering terjadi down dan error sehingga memperlambat kinerja operator saat melakukan entri data untuk absesnsi kehadiran guru disekolah melalui aplikasi hadir GTK.

Dapodikdasmen seharusnya segera menyiasati hal tersebut, Aplikasi online yang diakses oleh pengguna seluruh Indonesia mestinya harus memiliki kapasitas yang besar dan memadai.

Jika tidak demikian, kenapa tidak dijadikan offline seperti halnya Dapodik. Atau bahkan bisa dibuatkan fitur baru dalam aplikasi Dapodik untuk DHGTK karena proses entri data kehadiran ini harus dilakukan setiap hari.

Mungkin dengan demikian selain mempermudah kinerja operator, operator juga akan fokus pada satu aplikasi karena bisa dikerjakan secara multitasking. Tidak harus lompat kesana kemari.

Bukti riel kalau DHGTK error dan trial, Anda bisa melihat pada laman Info GTK. Jika DHGTK dinyatakan sebagai syarat TPG kenapa harus di desable kan dan ini menunjukkan belum menjadi syarat, entah sampai kapan?.

Update: