Gratis UTBK 2020, SNMPTN Ini Caranya!

Posted on

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 yang diadakan oleh LTMPT – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi masih menggunakan 3 jalur. Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

  1. Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa;
  2. Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN;
  3. Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Mulai tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Untuk dapat mengikuti tes UTBK peserta harus mengeluarkan biaya secara mandiri sebesar Rp. 200.000 / Rp. 300.000 sebagai persyaratan pendaftaran masuk SBMPTN.

Seperti tahun sebelumnya bagi peserta yang sudah terdaftar dan diterima pada program bidikmisi maka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tes UTBK 2020. Tahun 2020 LTMPT juga membebaskan biaya UTBK bagi peserta pelamar yang mendaftar program KIP Kuliah dan ADik.

Agar Anda bisa mengikuti tes UTBK 2020 dengan gratis berikut cara mengajukan peserta pelamar program KIP Kuliah dan ADik.

  1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.
  2. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP Kuliah dan ADik melalui laman masing-masing sebagai berikut: 1. http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ 2. http://adik.kemdikbud.go.id/
  3. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik terlebih dahulu mendaftar ke laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  4. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan memenuhi persyaratan mendaftar UTBK di laman https://portal.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  5. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2020, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  6. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020.

Dengan memanfaatkan program KIP-K dan ADik Anda yang tidak mampu membayar biaya UTBK sekarang tidak perlu berkecil hati untuk mencapai cita-cita Anda masuk ke perguruan tinggi negeri.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, LTMPT Tahun 2020, pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT dengan kebijakan Single Sign On (SSO). WAJIB bagi semua calon pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id

Oleh karena itu, agar Anda tidak tertinggal pendaftarannya maka catat rangkuman jadwal SNMPTN, UTBK, & SBMPTN 2020 dibawah ini.

Jadwal SNMPTN, UTBK, & SBMPTN 2020

Sekolah juga mempunyai peran penting dalam mensukseskan siswa-siswanya untuk menempuh pendaftaran SNMPTN yaitu dengan pengisian data PDSS dan pemeringkatan oleh sekolah. Berikut ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah untuk pendaftaran SNMPTN 2020 :

  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  • Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  • Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah

Silahkan lakukan koordinasi dengan sekolah Anda agar cita-cita Anda masuk ke perguruan tinggi negeri dapat tercapai.

Update:

  • cara buat kip kuliah
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *