JJM Guru TIK Informatika di Dapodik 2020

Posisi jumlah jam mengajar bagi guru TIK dan Informatika di aplikasi dapodik 2020 ada beberapa pilihan yang bisa dioptimalisaikan untuk pemenuhan beban jam mengajar dan tugas tambahan terhadap guru tersebut.

Ada sedikit perbedaan antara guru TIK dan Informatika pada kurikulum 2013 sesuai dengan permendikbud 2018 dengan menerapkan beberapa prinsip dan syarat implementasi TIK Informatika 2019/2020 bagi sekolah yang terdampak.

Bagaimana penerapannya Guru TIK dan Informatika di Dapodik 2020?

Tidak semua sekolah bisa menerapkan mapel Informatika karena harus memenuhi syarat implementasi TIK Informatika 2019/2020. Sebagian sekolah sudah mengimplementasikan mapel TIK Informatika namun hanya bisa di kelas 10 karena masih baru sehingga perhitungan JJM nya kurang dari 24 JP. Bagaimana dengan sekolah kecil yang kurang dari 5 rombel sehingga perhitunagnnya kurang dari 150 siswa pembimbingan?

Jika guru TIK pilihannya membimbing siswa dalam konsep Bimbingan TIK merujuk pada Permendikbud 68 Tahun 2014, 45 Tahun 2015, Permendikbud 15 Tahun 2018. Syarat dan ketentuannya adalah Konten TIK, berdasarkan kebutuhan siswa sehingga untuk menghitung beban kerja adalah membimbing minimal 150 siswa (setara dengan 5 rombel).

Jika guru TIK pilihannya mengampu Mapel Informatika sesuai dengan Permendikbud: 35, 36, 37 Tahun 2018 maka syarat dan ketentuannya adalah berkualifikasi Akademik S1 Bidang Informatika untuk perhitungan beban kerjanya minimal mengampu 24 JP.

Jika guru TIK pilihannya mengampu Mapel PKWu, bisa merujuk pada regulasi Permendikbud 16 Tahun 2019. Syarat dan ketentuannya adalah materi ada kaitannya dengan TIK yang dapat diampu guru TIK. Sehingga untuk perhitungan beban kerja adalah minimal mengampu 24 JP.

Solusinya untuk guru TIK saat ini adalah:

  • Sekolah yang memiliki Guru TIK boleh tetap menjalankan Bimbingan TIK/ Mapel Informatika
  • Bagi sekolah yang jumlah jam minimal untuk informatika tidak memenuhi maka untuk data Dapodik, Jenis PTK tetap Guru TIK
  • Bagi sekolah yang jumlah jam mapel informatika sudah memenuhi jumlah minimal di Dapodik jenis PTK boleh Guru Mapel

Melalui 3 pilihan tersebut Anda bisa mengoptimalkan jumlah jam mengajar guru TIK sesuai dengan regulasi yang ada.

Untuk membuat pembelajaran mapel Informatika pada Dapodik 2020 pilihannya adalah mapel lintas minat atau pendalaman minat yakni bisa dibuat pada menu rombel teori dengan jumlah jam maksimal 3 JP.

Update:

Add a Comment