Masalah dan Solusi Dapodik 2020

Aplikasi Dapodik versi 2020 katanya masih menyisahkan bug yang terjadi, pasalnya masih banyak operator sekolah yang belum sukses 100 persen dalam menjalankan aplikasi Dapodik tersebut.

Berbagai macam masalah muncul sejak dari dimulainya instalasi aplikasi, registrasi online maupun offline, invalid data sarpras, hilangnya rombel kompetensi keahlian, tarik PD, sampai siswa yang sudah lulus dinyatakan sistem masih masuk di aplikasi.

Sebenarnya masalah yang terjadi bisa di antisipasi jika sebelumnya Anda memperhatikan : 5 hal pemutakhiran dapodik 2019-2020 sebelum melakukan instalasi Dapodik versi 2020. Sebab versi yang terbaru ini sudah di uji sebelum resmi dirilis.

Bagi OPS lama mungkin sudah mengenal seluk beluk aplikasi Dapodik sehingga sehingga dengan mudah mengatasinya ketika terjadi masalah di versi terbaru ini, namun bagi OPS yang masih baru tentu hal ini menjadi sangat membingungkan meskipun ketika data dinyatakan invalid sudah ada keterangannya.

Sebagai catatan kedepannya sebaiknya baca dan pahami terlebih dulu dengan seksama Panduan Manual Aplikasi DAPODIK versi terbarunya sebelum melakukan instalasi. Dengan demikian Anda tidak perlu pusing lagi ketika berhadapan dengan data invalid.

Berikut ini saya coba rangkum berbagai permasalahan dapodik 2020 dengan solusinya :

Mengatasi Masalah Error VCRUNTIME140.DLL di Dapodik 2020

Banyak OPS yang mengalami error dengan pesan The code execution cannot proceed because VCRUNTlME140.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem. Karena install Dapodik 2020 di PC/LAptop dengan OS Windows 7, langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Uninstall Dapodik 2020
  2. Install VC Redist (untuk Windows 64 Bit download kesini https://download.microsoft.com/download/9/3/F/93FCF1E7-E6A4-478B-96E7-D4B285925B00/vc_redist.x64.exe sedang untuk Windows 32 Bit kesini https://download.microsoft.com/download/9/3/F/93FCF1E7-E6A4-478B-96E7-D4B285925B00/vc_redist.x86.exe)
  3. Setelah install VC Redist lakukan restart Windows
  4. Install Dapodik 2020

Di sebagian kasus yang lain ada yang belum berhasil, maka lihat spesifikasi komputer/Laptop yang digunakan instalasi sudah sesuai rekomendasi atau belum. Matikan anti virus, firewall, putuskan koneksi internet.

Saat instalasi terjadi eror dengan Notif THE APLICATION WAS UNABLE TO START CORRECTLY (0xc000007B) ?. Hal ini disebabkan karena ada palikasi lain yang sudah terpasang di komputer menggunakan port yang sama dengan dapodik. Cek lagi dan uninstall aplikasi tersebut yang mengakibatkan bentrok dengan port milik app dapodik.

Mengatasi data sarpras dapodik 2020

Dibagian data sarana dan prasarana ini banyak OPS yang mengalami kendala karena data sarpras pada versi dapodik 2020 mengalami perubahan dan pembaharuan.

Untuk menghapus sarpras yang tidak digunakan lagi Anda bisa melihat di artikel ini cara menghapus sarpras di dapodik 2020. Disana Anda juga bisa melihat solusi yang lainnya berkenaan dangan masalah Dapodik.

Mengatasi Peserta Didik Dapodik 2020

Untuk menambah peserta didik baru silahkan baca tarik PD Dapodik 2020. Selain itu masih banyak kasus error yang dialami pada data peserta didik. Seperti misalnya masalah gagal menambahnkan siswa di datadikdasmen.

Caranya mengatasi Tambah PD Luar Dapodik, karena NIK sudah digunakan oleh siswa lain, padahal Nama Sudah Sesuai Dengan NIK adalah dengan merubah nomor NIK nya setelah masuk konvirmasi dengan OPS dinas, lakukan sinkron dan ubah data NIK melalui aplikasi dapodik.

Lain halnya ketika menarik kembali siswa kelas XII yang tidak lulus UN?. Untuk mengembalikasn siswa kelas XII yang tidak lulus UN langsung konvirmasi ke OPS Dinas. Kerana sistem meluluskan secara langsung dan yang bisa melakukan hal tersebut adalah Dinas.

Jika di tabel kesejahteraan peserta didik tidak ada pilihan kartu indonesia pintar ?. Maka klik di tombol penerima KIP. Kemudian pilihan KIP di tabel kesejahteraan PD akan muncul.

Update:

Add a Comment