Masalah Fix Server UNBK VHD CBT Sync Login Standby

Posted on

Berhasil melaksanakan ujian simulasi UNBK hari ke satu periode 2 sesi 1 sungguh melegakan perasaan Proktor, masalahnya juga masih banyak yang terkendala saat proses sinkronisasi dan patching VHD.

Namun, masalahnya menjadi berbeda di hari kedua dalam pelaksanaan simulasi UNBK ketika windows mengalami downgrade dan memaksa untuk install ulang.

Setelah melakukan install ulang pada windows ternyata membawa dampak pada aplikasi server UNBK VHD CBT sync login yang statusnya menjadi tidak aktif.

Melakukan restarting VHD tidak mengembalikan posisi server UNBK menjadi normal kembali justeru malah sekolah tidak teridentifikasi pada server meskipun statusnya standby berwarna hijau.

Tidak ada yang bisa dikerjakan karena masih menunggu lama keaktifan yang tersambung ke pusat.

Terpaksa melakukan uninstall dan install ulang pada VHD backup nya, namun ketika dijalankan dan masuk pada aplikasi server UNBK nya statusnya menjadi standby dengan berwarna kuning dengan keterangan SN harus direset ulang.

Dalam hal ini yang bisa mereset ulang serial number (SN) VHD hanya proktor pusat yang mempunyai kendali.

Untuk mengatasi masalah tersebut harus mengajukan permohonan reset ulang ke Admin pusat melalui web helpdesk UNBK.

Permohonan reset ulang serial number (SN) pada aplikasi server UNBK harus melampirkan dokumen yang ditandatangi kepala sekolah kemudian di upload melalui web helpdesk UNBK.

Beberapa menit kemudian kita lakukan reset dan keluar dari aplikasi VHD cbt sync login, kemudian masuk lagi dan VHD CBT sync login menjadi aktif servernya.

Simulasi UNBK bisa berjalan normal kembali meskipun untuk sesi yang ke satu tidak bisa mengikuti Ujian simulasi tersebut.

Fix sudah masalah Server UNBK VHD CBT Sync Login Standby dengan keterangan reset pada serial number (SN).

Update:

  • simulasi unbk tidak bisa patching
  • stanby kuning unbk
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.