Mengatasi Cleansing Dapodik Data Siswa Ganda

Posted on

Selain meningkatkan kualitas data dapodik, saya rasa bahwa Cleansing/Pembersihan data Dapodikdasmen dilakukan saling berkaitan dengan menjelang Cut Off BOS Tanggal 31 Oktober 2019 untuk mengambil data siswa yang realitas. oleh karenanya data yang akurat, mutakhir, dan berkelanjutan sangat dibutuhkan agar semua transaksi dapat berjalan lancar.

Jika sebelumnya Anda melakukan update aplikasi dapodik versi 2010.a patch 1 namun tidak ada perubahan terhadap jumlah siswa maka sekolah Anda tidak terindikasi memiliki siswa ganda.

Jika setelah melakukan update, dan ternyata jumlah siswa berbeda dari sebelumnya artinya ada siswa yang hilang maka sekolah Anda terindikasi memiliki data siswa ganda.

System dapodik secara otomatis memutasikan data siswa yang dianggap ganda. Baik berganda dalam satu sekolah (satu orang siswa terdaftar/aktif lebih dari satu rombel dalam satu sekolah), maupun berganda antar sekolah (satu siswa terdaftar/aktif pada lebih dari satu sekolah).

Untuk mengatasi hal tersebut, bagi sekolah yang terdapat dalam list dan belum melakukan update aplikasi Dapodik, ada cara yang lebih cepat tanpa harus melakukan install ulang Dapodik. Cukup update dengan aplikasi dapodik versi 2010.a patch 1 dan lakukan sinkronisasi.

Selanjtnya, langkah mengembalikan siswa hilang yang termutasikan secara otomatis harus ditarik ulang dari laman manajemen data Dikdasmen. Anda bisa melihat langkahnya disini.

selain itu, Anda juga bisa mengikuti petunjuk langsung dari laman dapodikdasmen sebagai tindakan/proses yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sekolah yang terimbas data siswa ganda.

Berikut langkahnya ;

  1. Sekolah melakukan sinkronisasi atau jika diperlukan melakukan install ulang Aplikasi Dapodikdasmen;
  2. Untuk data siswa yang berganda dalam satu sekolah, maka setelah sinkronisasi data salah satu siswa yang berganda akan terhapus;
  3. Untuk data siswa yang berganda antar sekolah, maka setelah sinkronisasi kedua data siswa akan dikeluarkan dari aplikasi Dapodik di kedua sekolah dengan status keluar Mutasi dan alasan keluar Terdeteksi Siswa Berganda pada sub-menu PD Keluar;
  4. Selanjutnya sekolah yang mengklaim bahwa siswa yang datanya berganda tersebut adalah benar siswa di sekolahnya dan bermaksud untuk memasukkan kembali ke aplikasi Dapodiknya maka sekolah dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi untuk melakukan pembatalan siswa keluar melalui manajemen Dapodikdasmen Dinas Pendidikan (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019).

Selanjutnya untuk menghindari kembali terulangnya data siswa berganda, maka sekolah untuk melakukan dan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Jika ada siswa yang mutasi ke sekolah lain, maka segera lakukan proses mutasi pada Aplikasi Dapodikdasmen dengan cara mengeluarkan dari rombelnya dan melakukan mutasi melalui menu Registrasi siswa kemudian lakukan sinkronisasi.
  2. Cetak Surat Keterangan Mutasi dari Manajemen Dapodikdasmen (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ ) sebagai keterangan dan pengantar siswa yang mutasi tersebut untuk diserahkan kepada sekolah tujuan.
  3. Kepala sekolah untuk berperan aktif dengan turun langsung melakukan pengecekan akurasi data Dapodik dengan melibatkan seluruh stakeholder di sekolah (wakasek, guru, walikelas, operator dapodik).
  4. Kepala Sekolah untuk memeriksa Pakta Integritas/SPTJM dari aplikasi Dapodik untuk kemudian mengesahkannya.

Silahkan pilih cara yang terbaik untuk mengatasi Cleansing/Pembersihan Dapodik Data Siswa Ganda

Update:

  • data siswa ganda di erapor mengatasi
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *