Modul TIK Guru : Pengenalan Sistem Komputer dan Perangkatnya

Posted on

Era komputer dan peralatan teknologi telah berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Penggunaan aplikasi komputer dapat ditemukan di pertokoan, lembaga pendidikan, dunia kesehatan, dan masih banyak aplikasi komputer yang sudah tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari. Komputer dan internet digunakan untuk mendapatkan informasi, pengalaman, hiburan, online, membeli produk dan jasa, serta berkomunikasi dengan orang lain.

Pada topik ini, Anda akan diperkenalkan dengan komputer dan sistemnya, serta diajak untuk memahami fungsi dari sistem tersebut.. Dengan mengenal dan memahami sistem komputer, Anda diharapkan dapat mengoperasikan sistem dan aplikasi komputer.

Pada sub topik ini Anda akan mempelajari sistem komputer beserta komponen-komponen yang diperlukan di dalamnya sehingga siap untuk digunakan.

Sistem Komputer dan perangkatnya
Sistem Komputer dan perangkatnya

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras adalah perangkat yang mendukung proses komputerisasi yang dapat dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung. Perangkat keras yang terdapat pada komputer terdiri atas:

Keyboard adalah alat input yang mengkonversi huruf, angka, dan karakter lain menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh processor

keyboard PC dan Laptop
keyboard PC dan Laptop

Mouse adalah alat input yang digunakan untuk memanipulasi objek yang terlihat pada layar komputer.

mouse
mouse

Laptop telah terintegrasi dengan perangkat input yang satu ini namun dalam bentuk lain. Alat input pengganti mouse pada laptop sudah sampai pada teknologi touchpad yang berupa area khusus yang dapat mendeteksi gerakan jari yang menyentuh kemudian diproyeksikan pada layar monitor dalam bentuk kursor. Touchpad ini biasanya terletak pada bagian bawah keyboard.

touchpad
touchpad

Beberapa laptop khususnya keluaran terbaru tidak menampilkan secara fisik dengan menonjolkan tombol klik kiri atau kanannya, tetapi terletak pada posisi yang sama, yaitu bagian bawah kiri, kanan pada trouchpad dan tepi kanan untuk scroll vertikalnya.

Optical Disk (CD/DVD/BD) adalah media penyimpanan disk (piringan/cakram) yang membutuhkan perangkat khusus untuk mengaksesnya yang disebut CD/DVD/BD drive.

CD dan CD-Rom (PC) DVD & DVD-Rom (Laptop)
CD dan CD-Rom (PC) DVD & DVD-Rom (Laptop)

Monitor adalah salah satu perangkat yang berguna untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input. Ada beberapa jenis monitor yang populer digunakan, seperti monitor tabung dan LCD/LED.

monitor tabung dan LCD-LED
monitor tabung dan LCD-LED

Printer merupakan perangkat output yang menghasilkan dokumen berupa cetakan.

printer dotmatrix dan deskjet
printer dotmatrix dan deskjet

Modem (modulator demodulator) merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet.

modem usb dan modem external
modem usb dan modem external

Wifi (wireless fidelity) merupakan perangkat untuk koneksi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4Mhz.

Port merupakan suatu celah/pintu/lubang pada sistem komputer yang digunakan untuk jalur transfer data. Beberapa port yang sering digunakan adalah :

Port USB, VGA, HDMI dan Soundcard
Port USB, VGA, HDMI dan Soundcard

USB (Universal Serial Bus) Port ini merupakan port yang memiliki fungsi untuk jalur transfer data berbagai perangkat, seperti flashdisk, printer, modem, scanner, ponsel, dan kamera digital.

VGA (Video Graphic Adapter) Port ini digunakan untuk menghasilkan keluaran berupa tampilan pada monitor, LC/LED TV atau LCD Proyektor.

HDMI (High-Definition Multimedia Interface) Port ini memiliki fungsi hampir sama denga port

VGA namun dengan kualitas lebih tinggi dan juga mendukung suara.
Soundcard Port ini berfungi untuk menjematani antara PC/Laptop dengan speaker aktif sehingga mampu menghasilkan suara atau lebih keras.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak sering disebut set program atau instruksi yang digunakan dengan perangkat keras, mengenai proses yang akan dilakukan untuk berkomunikasi. Perangkat lunak umumnya dibeli dalam bentuk CD atau DVD atau men-download dari Internet. Perangkat lunak harus diinstall pada komputer sebelum dapat digunakan.

Perangkat lunak dibagi ke dalam dua tipe, yaitu Operating System (Sistem Operasi) dan Application (Aplikasi).

  1. Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras serta memberikan kemudahan dalam penggunaan komputer oleh pemakai. Jenis-jenis operating system di antaranya adalah Microsoft Windows, Mac Os, Linux, Android.
  2. Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan tertentu. Jenis-jenis program aplikasi di antaranya adalah aplikasi perkantoran (office application), multimedia application, internet application, dan graphics.

Pengguna (Brainware)

Sistem Komputer tidak bisa lepas dari user (pengguna) sebagai orang yang mengoperasikan komputer untuk melakukan tugas atau memperoleh informasi. Setiap orang yang menggunakan komputer disebut pengguna komputer. Pengguna komputer terdiri atas 3 level, yaitu:

  1. Analis adalah orang yang menganalisa sistem dengan mempelajari permasalahan, kebutuhan-kebutuhan sistem dan pengguna, serta mengidentifikasi pemecahan masalah berupa desain sistem yang baru sesuai kebutuhan.
  2. Programer adalah orang yang menulis kode program untuk membuat sebuah aplikasi.
  3. Operator adalah orang yang mengoperasikan komputer dan aplikasi.

Uji Kemampuan TIK

Sebutkan nama dan jelaskan fungsi dari gambar komponen komputer di bawah ini:

latihan TIK

Nama Komponen

Fungsi

Speaker Pengeras suara
2. CPU melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak
3. Keyboard alat input yang mengkonversi huruf, angka, dan karakter lain menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh processor.
4. Monitor menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis ( VGA Card ).
5. Printer mencetak file/dokumen dari komputer ke media kertas atau yang lainnya
6. Mouse memanipulasi objek yang terlihat pada layar komputer
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.