Mudah! Buat Soal PG dan Esay Online Untuk UH, UK, Kuis Dengan Aplikasi Quiz Forms

Posted on

Semakin tahun dunia pendidikan tidak akan terpisahkan dengan teknologi yang semakin berkembang. Buktinya, Kemdikbud melalui Permendikbud mengintruksikan bahwa setiap penilaian harus dilaksanakan secara online.

Seperti pada pelaksanaan UNBK, USBN, Tes CPNS semua memakai aplikasi CAT / CBT. Selain transaparan juga mempercepat pengolaan hasil penilaian.

Di setiap sekolah pun sudah menerapkan penilaian seperti UTS, UKK, UAS dalam bentuk online maupun offline dengan menggunakan aplikasi CBT yang mirip seperti aplikasi UNBK.

Oleh karena itu, sejalan dengan kebutuhan diatas, guru secara mandiri harus bisa membuat aplikasi penilaian (membuat soal-soal latihan secara online) meskipun dalam bentuk yang sederhana.

Anda bisa mendapatkan aplikasi pembuat soal online secara gratis namun terkadang aplikasi tersebut tidak sepenuhnya gratis disamping itu juga sulit untuk mengoperasikannya.

Sebagai alternatif yang paling mudah untuk membuat soal PG maupun Esay secara online. Cobalah gunakan Microsoft Forms Quiz dan Google Forms Quiz.

Dua aplikasi quiz forms ini sangat familiar dan mudah digunakan tanpa harus menginstal aplikasinya terlebih dulu pada PC/Laptop Anda.

Membuat Soal PG dan Esay dengan Microsoft Forms Quiz

Membuat Soal PG dan Esay dengan Microsoft Forms Quiz
tampilan dasboard page forms.office.com

Apa itu Microsoft Office Forms Quiz ?

Microsoft Forms adalah pencipta survei online, tersedia untuk pelanggan Office 365 Education. Dirilis oleh Microsoft pada Juni 2016, Formulir memungkinkan pendidik membuat survei dan kuis dengan penandaan otomatis. Data dapat diekspor ke Microsoft Excel.

Buat kuis dengan cepat untuk mengukur pengetahuan siswa, mengevaluasi kemajuan kelas, dan berfokus pada topik-topik yang membutuhkan peningkatan.

Microsoft Forms memungkinkan Anda menentukan poin untuk penilaian otomatis dan memberikan penjelasan untuk instruksi selanjutnya, sehingga memberikan kuis pada siswa menjadi jauh lebih mudah. (https://forms.office.com/)

Yang dibutuhkan Membuat Soal Online di forms.office.com

Sebelum Anda melangkah untuk membuat soal online, yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan layanan Microsoft Forms, pengguna harus mendaftarkan akun ID di sini https://forms.office.com/.

5 Langkah Membuat Soal dengan Microsoft Forms

  1. Login https://forms.office.com
  2. Buat Kuis (soal) baru
  3. Bagikan Kuis kepada Siswa
  4. Review Hasil Kuis
  5. Post Scores untuk mempublikasikan skor yang didapat oleh siswa.

Untuk memulai membuat soal PG dan Esay dengan microsoft form dengan contoh yang lengkap Anda bisa mengikuti tautan ini Membuat soal online sederhana dengan microsoft Forms education.

Membuat Soal PG dan Esay dengan Google Forms Quiz

Membuat Soal PG dan Esay dengan Google Forms Quiz
tampilan google forms quiz

Apa itu Google Forms Quiz?

Sama halnya microsoft forms quiz. Google Forms adalah alat yang memungkinkan pengumpulan informasi dari pengguna melalui survei atau kuis yang dipersonalisasi. Informasi tersebut kemudian dikumpulkan dan secara otomatis terhubung ke spreadsheet. Spreadsheet diisi dengan respons survei dan kuis.

5 Langkah Membuat Soal dengan Google Forms Quiz

  1. Login https://docs.google.com/forms Klik Tanda PLUS
  2. Di kanan atas, klik Pengaturan Settings .
  3. Klik Kuis dan Buat kuis ini .
  4. Bagikan kuis
  5. Tinjau hasil kuis

Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat memanfaatkan sebagai
format penilaian kepada siswa. Misal, pendidik memanfaatkan nilai dari setiap kuis untuk membantu siswa yang nilai tugas akhirnya kurang memuaskan.

Tutorial membuat soal Kuis, UH, UK dengan google forms secara lengkap bisa Anda lihat disini

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.