Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019/2020

Pusat Penilaian Pendidikan mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019/2020 SMA/MA/SMAK/SMTK berawal pada pelaksanaan UN tahun ajaran 2014/2015 yang mana saat itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja.

Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional pada tahun 2014 dan sebelumnya hanya dijaring oleh panitia tingkat Provinsi dengan menggunakan program secara offline dan waktu deadline yang digunakan terlalu dekat dengan pelaksanaan UN.

Sejalan dengan bergeraknya waktu, dan kebutuhan rekap data calon perserta UN yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang mudah didapat dan digunakan, kami merasa perlu merubah metode pendataan yang biasa di gunakan pada waktu lampau dengan metode online. Karena hal tersebut kami membuat “Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019/2020” untuk mempermudah penggunaannya.

Pada pendataan saat ini Kami memanfaatkan data siswa kelas akhir di setiap satuan pendidikan yang sudah di data oleh sistem pendaftaran DAPODIKDASMEN dan EMIS untuk jenjang pendidikan SMA/MA/SMAK/ SMTK yang telah diverifikasi oleh PDSPK melalui sistem Ver-Val PD dan Ver-Val SP serta daftar peserta didik yang akan mengikuti Ujian Nasional dikeluarkan melalui laman pdun.data.kemedikbud.go.id untuk di unggah ke laman biounsmama.kemdikbud.go.id.

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Aplikasi Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019/2020, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online.

Kami berharap “Panduan Aplikasi Pendataan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019/2020” ini dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis.

Aplikasi Pendataan Ujian Nasional tahun 2019/2020 jenjang SMA/MA/SMAK/SMTK, ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Ujan Nasional tahun 2019/2020. Aplikasi ini dapat diakses secara daring. Dengan menuliskan alamatnya di http://biounsmama.kemdikbud.go.id

Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error).

Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan terupdate.

One Comment

Add a Comment