Cara Pengajuan, Verval NUPTK 2019 GTK dengan Benar Cepat Diproses

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) nomor induk yang wajib dimiliki oleh setiap guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS secara gratis, namun untuk mendapatkan NUPTK harus memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan Persesjen Kemdikbud No.1 Tahun 2018.

NUPTK sebagai Nomor Identitas yang resmi digunakan untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Bagaimana cara pengajuan NUPTK 2019 yang benar untuk GTK baru ?

GTK bisa memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-inputkan dengan lengkap, benar dan valid terdaftar dalam aplikasi Dapodikdasmen atau Dapodik paud-dikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Data GTK secara otomatis di proses, di verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud.

GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi.

Proses Aproval Perbaikan Data Master dilakukan oleh Dinas setempat bukan oleh Pusat, jika belum dilakukan aproval silahkan kordinasi dengan operator Dinas.

Perbaikan data master hanya dapat diajukan sebanyak 2 (dua) kali, setelah itu tidak dapat mengajukan perbaikan data master.

Setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh LPMP dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.

Jadi pengajuan NUPTK 2019 untuk GTK baru melalui 3 proses verifikasi yakni; verifikasi operator sekolah, verifikasi Dinas Pendidikan Kab/Kota dan verifikasi oleh LPMP.

Bagaimana cara melengkapi dokumen pengajuan NUPTK GTK baru ?

Untuk melengkapi dokumen pengajuan NUPTK 2019 bagi GTK baru dilakukan oleh operator sekolah melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id dengan langkah sebagai berikut :

  1. Setelah login pada dasbor verval PTK
  2. Tekan pada menu NUPTK >> pilih Calon Penerima NUPTK
  3. Tekan tabel record PTK >> Tekan menu unggah berkas (Upload)
  4. Unggah Berkas KTP, Unggah Berkas Ijazah SD, SMP, SMA sederajat
  5. Unggah Berkas ijazah S1/DIV
  6. Unggah berkas SK GTY dan Penempatan
  7. Semua dokumen terebut di scan dalam format pdf.
  8. Tekan OKE

Bagaimana cara melihat status penerimaan NUPTK GTK baru ?

Untuk dapat melihat progres status penerimaan NUPTK bagi GTK langkahnya sebagai berikut :

  1. Tekan pada menu NUPTK >> pilih Status Penerimaan NUPTK
  2. Lihat progres penerbitan NUPTK

Bagaimana cara melihat kevalidan NUPTK GTK baru ?

Melihat status kevalidan data NUPTK Anda bisa mengunjungi laman berikut http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status. Untuk menelusuri status NUPTK anda, silakan isi nomor NUPTK pada kolom tersedia.

Jika NUPTK Anda terdeteksi tidak valid maka Anda harus melakukan verval Verifikasi dan Validasi Perbaikan Data Master Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Bagaimana cara verval Verifikasi dan Validasi Perbaikan Data Master NUPTK GTK baru ?

  1. Setelah login pada dasbor verval PTK
  2. Tekan pada menu Pengolaan >> pilih Perbaikan Data Master
  3. Edi data PTK yang aka di verval
  4. Unggah Berkas Perubahan Data (jpg)
  5. Lihat pada menu status perbaikan data master
  6. Lihat Perubahan berhasil / Ditolak karena : tidak ada perubahan

Dengan melalui proses yang benar cara pengajuan, Verval NUPTK 2019 untuk GTK baru akan cepat segera diproses penerbitan NUPTK nya.

Update: