Inovasi Pembelajaran Guru dalam Pergeseran Generasi

Usia anak yang sedang mengenyam pendidikan mulai pra sekolah sampai pendidikan menengah atas termasuk generasi z dan generasi alpha. Sedangkan tenaga pengajar di madrasah mayoritas generasi Y, generasi X bahkan generasi baby boomers. Hal ini disampaikan Kasubdit Bina GTK RA, Siti Sakdiyah pada acara pelatihan kewirausahaan guru di Lampung, 12-14 Agustus 2019.

“Generasi kita berbeda dengan generasi anak-anak, karakternya pun berbeda. Anak-anak sekarang sudah digital native, gimana kalau anak-anak sudah digital native sedangkan gurunya kurang akrab dengan penggunaan teknologi digital untuk menunjang pembelajaran?” Kata Sakdiyah.

Dalam menghadapi perubahan generasi, perlu diimbangi dengan inovasi pembelajaran. Seperti pemanfaatan audio visual secara optimal untuk pembelajaran, pemahaman literasi digital bagi anak-anak sehingga mampu memfilter arus informasi yang bertebaran di internet, pemanfaatan aplikasi dan lain sebagainya.

“Untuk mendukung penerapan HOTS, bisa juga anak-anak diajarkan akuntansi menggunakan aplikasi tidak hanya fokus menuliskan debet kredit tapi lebih fokus pada pemahaman dan penafsiran laporan keuangan pada kinerja usaha”. Sambung Sakdiyah.

Menurutnya inovasi pembelajaran ini bisa link and match dengan dunia kerja atau industri. Terlebih jika guru mampu menangkap potensi anak dalam dunia usaha, guru bisa menjadi mentor bagi anak yang sedang merintis usaha.

“Guru kan bisa juga jadi mentor bisnis bagi anak, karena ternyata banyak juga sekarang anak-anak yang sudah memulai bisnis terutama bisnis online. Untuk itu kemampuan kewirausahaan bagi guru juga penting untuk diperkuat” sambungnya.

Sebagai tambahan kompetensi kewirausahaan mengacu pada Permendiknas No. 13 Tahun 2007, salah satu kompetensinya adalah kompetensi kewirausahaan. Serta dalam PMA 58 Tahun 2017 juga disebutkan kepala madrasah bertugas mengembangkan kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa Madrasah sebagai sumber pembelajaran bagi peserta didik. (ASR). gtkmadrasah.kemenag.go.id

Add a Comment