Pretest PPG GPAI 4 November 2019

Posted on

Kementerian Agama akan melakukan tes serentak dalam rangka seleksi akademik GPAI selanjutnya disebut Pretest secara nasional. Tujuannya mempercepat penyelesaian proses sertifikasi guru PAI melalui jalur PPG ini.

Sebelumnya Direktorat telah melakukan seleksi calon peserta seleksi akademik PPG ini sejak dua bulan yang lalu, dengan ketentuan bahwa guru yang boleh mengusulkan adalah guru yang diangkat melalui penetapan Surat Keputusan hingga tahun 2015.

Pelaksanaan pretest akan diselenggarakan selama 2 sampai 3 hari yang terbagi dalam tiga zonasi sejak tanggal 4 hingga 8 November 2019. Lama pelaksanaan seleksi tergantung banyak sedikitnya peserta yang ikut proses seleksi dan juga dikaitkan dengan ketersediaan tempat ujian kompetensi.

Meskipun demikian, pada daerah-daerah tertentu yang tidak ada madrasah memiliki laboratorium ataupun jauh dari PTKI masih dapat menggunakan laboratorium sekolah.

Seluruh GPAI yang dinyatakan lolos dokumen dan dinyatakan valid, akan mengikuti pretes pada tanggal 4 hingga 8 November 2019. Jumlah peserta yang lulus pada seleksi kali ini diproyeksikan akan dilibatkan dalam proses pendidikan profesi guru pada tahun 2020 dengan menggunakan biaya mandiri.

Kesempatan ini masih terbuka lebar bagi guru PAI untuk melakukan pemberkasan usulan PPG melalui Siaga Pendis atau melalui Simpatika.

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan