Registrasi Guru Tidak Memiliki NUPTK di BANPEM

Posted on

Semenjak dikeluarkan Surat Edaran Program Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4, pastinya bagi guru ataupun Tenaga Kependidikan yang belum berkualifikasi akademik S1/D4 diwajibkan untuk memiliki NUPTK yang digunakan untuk melakukan Pendaftaran Program Bantuan Pemerintah Tahun 2019.

Pada saat Bapak/Ibu guru mencoba melakukan Pendaftaran atau Registrasi di Website BANPEM disitu tertulis NUPTK, jika Anda belum memiliki NUPTK maka Anda tidak bisa mengikuti Program Pemerintah ini. Karena seperti yang kita ketahui salah satu persyaratan Guru atau Tenaga Kependidikan bisa memiliki NUPTK adalah berkualifikasi akademik S1/D4.

Jika Anda tidak memiliki kualifikasi keduanya baik NUPTK maupun akademik S1/D4. Berikut adalah cara yang bisa dicoba.

Bagi Anda, Guru dan Tenaga Kependidikan yang belum memiliki NUPTK dan belum berkualifikasi Akademik S1/D4 untuk Berhasil Registrasi di Website BANPEM bagi Guru untuk Lanjut S1.

Guru ataupun Tenaga Kependidikan yang belum memiliki NUPTK, pada saat melakukan pendaftaran di website BANPEMS1 pada kolom NUPTK kita bisa menggantikannya menggunakan NIK.

Silahkan akses halaman BANPEM, berikut ini linknya : https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019/

Pada halaman utama BANPEM, silahkan klik pada tombol Login. Masuk di halaman Login, karena kita belum memiliki Akun Login, silahkan klik pada tombol Daftar.

Silahkan lakukan pengisian Daftar Akun :

  • Untuk pengisian Kolom NUPTK bagi yang sudah memiliki NUPTK silahkan inputkan NUPTK. Sedangkan, bagi Guru ataupun Tenaga Kependidikan yang belum memiliki NUPTK, pada kolom NUPTK silahkan isikan dengan NIK ;
  • Pada kolom Nama setelah kita melakukan Pengisian NIK maka akan dilakukan pencarian data atau pada kolom Nama akan kosong. Apabila data pada kolom nama kosong, silahkan isikan Nama rekan masing-masing (secara manual) ;
  • Pada kolom e-mail, silahkan isikan e-mail yang aktif karena untuk melakukan Verifikasi Akun, linknya akan di kirimkan pada e-mail kita masing-masing.
  • Password, silahkan isikan password dari alamat e-mail yang aktif ;
  • Konfirmasi password

Setelah semua kolom diisi, selanjutnya silahkan klik pada I agree to Terms and Conditions, Kemudian klik pada tombol Daftar.

Apabila muncul tampilan error, jangan khawatir rekan sekalian tinggal hapus saja pada akhir kata “check_register” (lihat pada alamat address) lalu Enter. https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019/login/check_register

Proses Registrasi Berhasil Dilakukan, selanjutnya silahkan cek Email rekan masing-masing sesuai dengan alamat e-mail pada saat pendaftaran tadi. Jangan lupa klik tombol OK.

Silahkan cek e-mail masing-masing, maka kita akan menemukan kotak masuk / inbox dari SIM_BEASISWA. Silahkan klik pada SIM_BEASISWA, maka kita akan mendapatkan pemberitahuan Terimakasih Telah Melakukan Registrasi. Anda telah berhasil melakukan registrasi, pada kotak masuk tersebut kita juga akan mendapatkan username dan password untuk Login nantinya.

Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Verifikasi Akun untuk memverifikasi akun Anda. Silahkan gunakan username dan password yang sudah diterima pada saat melakukan Login.

  1. Verifikasi Pendaftaran berhasil dilakukan, selanjutnya silahkan login menggunakan username dan password rekan masing-masing. Terlebih dahulu, silahkan klik pada tombol OK.
  2. Silahkan isikan Form Login berikut ini. Isikan username dan password sesuai dengan yang telah dikirimkan SIM_BEASISWA tadi. Jika sudah, silahkan klik apda tombol Login.
  3. Akhirnya Anda berhasil masuk di halaman Dashboar Kemendikbud. Pada halaman inilah Anda nantinya akan mengajukan Pendaftaran Beasiswa.

Silahkan rekan Guru dan Tenaga Kependidikan, isikan setiap data yang ada pada Menu. Berikut ini adalah halaman Pengisian Data Profil

  • Pengisian Riwayat Pendidikan
  • Pengisian Pengalaman Pelatihan
  • Pengisian Penghargaan
  • Dan Pengisian Dokumen Pendukung.

Bagi guru-guru yang awalnya putus asa tidak bisa mengikuti Bantuan Pemerintah ini untuk melanjutkan Studi S1/D4, semoga dengan adanya informasi ini Guru sekalian kembali untuk bersemangat mendaftarkan diri untuk Mengikuti Beasiswa Melanjutkan Studi S1/D4.

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *