Rilis Installer Dapodik Paud versi 3.4 0 Offline

Installer Aplikasi Frontend Dapodik PAUD Offline versi 3.4.0 telah dirilis. Dapodik PAUD Offline ini khususnya bagi satuan pendidikan yang wilayah kerjanya terkendala untuk menjangkau jaringan internet saat menggunakan Aplikasi Dapodik Paud versi Online semester GENAP 2018/2019 kemarin.

Ada sedikit pembaharuan pada formulir penilaian kerusakan ruang/bangunan pada aplikasi Dapodik Paud versi 3.4 0 Offline ini. Silahkan pelajari lebih lanjut pada buku panduan kerusakan bangunan untuk pengisian data sarana dan prasarana.

Oleh karena itu, bagi sekolah yang menggunakan dapodik paud online saat ini bisa beralih ke Dapodik Paud offline, begitu juga sebaliknya. Namun perlu diperhatikan untuk menngunakan aplikasi Dapodik paud offline harus mengubah metode sinkronisasi melalui Aplikasi Manajemen http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id terlebih dulu.

Kenapa?

Jika anda belum merubah metode sinkronisasi maka ketika melakukan registrasi Aplikasi Dapodik Paud akan terjadi masalah.

Cara Install dan registrasi Dapodik Paud versi 3.4.0

  1. Uninstall aplikasi dapodik semester ganjil 2018/2019, bersihkan sampai ke cachenya.
  2. Download Aplikasi Dapodik paud v.3.4.0 terbaru dan Install aplikasinya
  3. Lakukan registrasi dapodik paud offline v.3.4.0 semester genap 2018/2019.
  4. Lakukan Validasi dan sinkronisasi.

Mengatasi Error Registrasi Dapodik versi 3.4.0

Seperti yang sudah saya singgung diatas, saat melakukan registrasi kemudian muncul pesan box “Sedang memproses… Mengirimkan data registrasi gagal (Maaf anda belum melakukan pemilihan metode pengisian DAPODIK di MANAJEMEN)” dengan tingkat loading datanya 42 persen itu artinya belum merubah metode sinkronisasi di laman manajemen paud.

Jika sudah merubah metode sinkron, kembali ke Registrasi Dapodik silahkan di Refresh terlebih dulu, isikan kembali username, password dan kode registrasi. Klik Simpan.

Dapodik offline berhasil di registrasi, silahkan lakukan Login Dapodik paud di semester genap 2018/2019.

Selanjutnya silahkan cek validasi data terlebih dulu, jika masih ditemukan beberapa data yang masih invalid meskipun kenyataannya di Dapodik Online sudah tidak ada lagi data Invalid. Silahkan melakukan editing data invalid tersebut.

Setelah selesai melakukan perbaikan data pada data yang invalid, sebelum melakukan sinkronisasi pastikan dengan mengecek kembali data validasi. Jika sudah tidak ada data yang terdeteksi invalid, lakukan sinkronisasi.

Dengan melakukan cara tersebut, metode Dapodik online berhasil di rubah ke metode dapodik offline. Semoga berhasil