Untuk Apa Simulasi UNBK 1 dan 2 Dilaksanakan?

Simulasi UNBK? Kenapa harus melaksanakan!. Pertanyaan ini sering muncul mengingat simuasi hanya sebagai alat untuk menggugurkan kewajiban sekolah.

Namun tahukah Anda? bahwa simulasi dilakukan dengan berbagai tahapan ternyata membawa manfaat yang sangat besar untuk warga sekolah.

Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019 sebagaimana dalam edaran BNSP akan dilaksanakan Bulan April akhir 2019.

Khususnya bagi para siswa kelas akhir untuk menghadapi Ujian Nasional yang sebenarnya dan agar sukses dengan nilai yang memuaskan silahkan persiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi UNBK/USBN 2019 secara lengkap yang bisa Anda unduh pada laman reminya di BNSP Indonesia.

Namun sebelum UN itu benar-benar dilaksanakan Kemdikbud melakukan uji coba simulasi UNBK dengan beberapa tahap yakni ; simulasi 1 dan simulasi 2 yang dibagi menjadi beberapa periode sesi.

Simulasi UNBK 2019 baik periode 1 maupun 2 sifatnya tidak wajib di ikuti oleh setiap sekolah. Kendati demikian, meskipun sekolah yang sudah pernah melaksanakan UNBK tahun lalu.

Saran yang baik adalah setiap sekolah yang sudah memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan UNBK seyogyanya mengikuti simulasi tersebut.

Terlebih bagi sekolah yang baru tahun ini mengikuti UNBK justeru menjadi wajib untuk mengikuti simulasi UNBK baik tahap 1 maupun tahap 2.

Kenapa harus ikut simulasi UNBK?

Simulasi UNBK dilaksanakan untuk mengetahi troubleshoot nya baik pada server ataupun web aplikasinya.

Hal ini dikarenakan tidak ingin terjadi masalah atau mengantisipasi masalah dan kendala ketika Ujian Nasional yang asli dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Setiap simulasi diakukan pembaharuan VHD dengan versi yang terbaru serta perangkat turunan lainnya hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya corrupt file.

Dengan adanya simulasi ini sekolah yang baru melaksanakan UNBK secara mandiri bisa mengetahui tata cara dan sistem kerja aplikasi UNBK.

Mengenalkan kepada siswa cara penggunaan aplikasi web UNBK dalam bentuk CBT.

Bagaimana ketentuan simulasi UNBK 2?

Simulasi UNBK 2 sedikit berbeda dengan simulasi UNBK 1 yakni pada pelaksanaannya. Berikut ketentuan simulasi 2 revisi terbaru :

  1. Biodata Peserta diambil dari BioUN.
  2. Pelaksanaan simulasi SERENTAK untuk semua jenjang pendidikan.
  3. Mata Ujian yang tidak ada simulasi : SMK (teori kejuruan), SMA Program studi Keagamaan Kristen, Katolik dan Hindu (mata ujian pilihan).
  4. Setiap satuan pendidikan tidak harus melaksanakan simulasi selama 4 hari, boleh kurang dari 4 hari.
  5. Jadwal simulasi untuk setiap mata ujian diatur sendiri oleh satuan pendidikan.
  6. Dalam satu hari dapat dilaksanakan lebih dari satu mata ujian, tetapi setiap peserta didik dalam satu hari hanya dapat mengikuti 1 mata ujian.
  7. Guru mata pelajaran dapat mengikuti simulasi ini (mekanisme lihat di laman unbk).
  8. Dalam satu periode simulasi, setiap server tidak dapat dipakai untuk dua jenjang atau lebih.

Download VHD UNBK 2019 Untuk Simulasi

Simulasi UNBK 1 dan 2 masih menggunakan VHD dengan versi yang sama, Updating dan pembaharuan akan terintegrasi ketika VHD sudah ter-setup saat melakukan patching.

Yang paling bagus mendapatkan VHD adalah langsung dari Proktor Dinas setempat mengingat ukurannya yang begitu besar.

Anda bisa juga mendownload VHD melalui link alternatif yang sudah banyak di posting diluar sana namun kadang yang terjadi file bisa saja tidak lengkap atau bahkan terjadi corrupt file.

Untuk ExambroCBTSync_50.18.12.23.zip, ExambroClient_18.1223.zip Anda bisa langsung download melalui web UNBK.

Sebagai link download VHD simulasi alternatif langsung dari situs ini : VHD 1, VHD 2. Sebagai catatan sebelum Anda mendownload VHD simulasi tersebut pastikan bahwa semua file tersedia dengan lengkap.

File VHD tidak bisa digabung dengan hasil downloadan dengan file VHD yang lain. Jika filenya di password gunakan password :”unbk2019puspendik ” atau “P4ssw0rd”.

Bagaimana cara insstall VHD UNBK?

Panduan instalasi VHD UNBK bisa didapatkan secara resmi pada laman UNBK, Anda bisa mengunduh dan membacanya dalam versi offline.

Jika menginginkan panduan cara install VHD server UNBK 2019 secara live, Anda bisa searching langsung di youtube : cara install vhd simulasi pada server unbk 2019

Sudah jelas tujuannya bahwa untuk apa simulasi UNBK 2019 1 dan 2 dilaksanakan.

Oleh karena itu, mari kita ikuti dengan baik simulasi tersebut agar UN yang kita laksanakan dengan sistem CAT UNBK ini membawa kesuksesan baik untuk sekolahnya maupun untuk siswanya.

Update:

Tags: