Solusi Masalah Dapodik 2019.e dan Info PTK/GTK

Solusi Masalah Dapodik 2019.e dan Info PTK/GTK

Dapodik 2019 telah resmi di rilis patch versi 2019.e beberapa waktu yang lalu. Tidak berbeda dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya, aplikasi dapodik terbaru ini juga memunculkan beberapa permasalahan. Baik itu permasalahan yang sudah biasa terjadi maupun permasalahan yang baru muncul pada aplikasi dapodik semester ini. Dengan patch dapodik versi 2019.e memperbaiki bugs dan dan sekaligus rilis pembaharuan.

Dapodik 2019.e memiliki tampilan yang serupa dengan dapodik versi sebelumnya sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya, hanya ada beberapa tambahan fitur terbaru. Sebelum Anda melakukan instalasi dapodik sebaiknya pastikan terlebih dahulu kesiapan Laptop/PC yang akan digunakan, jika Anda belum paham bisa membacanya pada Cara Install Dapodik 2019 dengan Baik dan Benar.

Seperti yang admin singgung diatas terkait dengan permasalahan Dapodik, admin rangkum untuk dijadikan sebagai referensi ketika mengalami masalah. Berikut beberapa masalah dapodik secara umum dan juga solusinya:

1. Masalah Gagal Registrasi prefil tidak ditemukan

Pada umumnya kegagalan melakukan registrasi dengan peringatan prefill tidak ditemukan disebabkan karena proses generate prefill yang tidak sempurna atau format prefill berubah, bisa juga Anda tidak menaruh prefill dalam folder yang ditentukan olaeh Dapodik. Supaya hal ini tidak terjadi sebaiknya lakukan generate prefill menggunakan jaringan yang stabil, hal ini dikarenakan beban server yang berlebih karena pada awal rilis tentu saja hampir semua operator melakukan generate prefill secara barsamaan. Jika masih tetap gagal, lakukan registrasi secara online dengan merubah metode registrasi di aplikasi dari offline ke online.

2. Mengatasi (User dan Password Salah) saat Registrasi

Gagal registrasi Dapodik dengan menampilkan user dan password salah, hal ini terjadi karena sekolah memiliki lebih dari satu akun dengan username (email) yang sama namun password berbeda. Solusinya harus menghapus salah satu akun atau menonaktifkan. Anda juga bisa menghubungi KKDATADIK Dinas Pendidikan setempat untuk melakukan reset pengguna. Jika masih terkendala dalam melakukan reset akun, silakan mengirimkan laporan ke helpdesk Dapodikdasmen ke surel dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id dengan melampirkan SK operator sebagai Petugas pendataan.

3. Masalah data tidak lengkap tapi sukses login Dapodik

Umumnya hal ini terjadi karena belum di unisntall dapodik versi sebelumnya atau bisa dikarenakan data prefill yang tidak sempurna saat melakukan generate. Solusinya dengan menghapus aplikasi dapodik yang sudah terinstall sebelumnya dan melakukan install ulang aplikasi dapodik versi terbaru (untuk installer). Jika Anda menggunakan versi patch maka tanpa harus melakukan uninstall ulang, cukup dengan menjalankan patchernya saja. Sebelumnya lakukan clearing cached browser dulu.

4. Masalah invalid pada tabel kompetensi guru

Tabel data kompetensi guru wajib di isi, karena juga merupakan validasi pengiriman dapodik. Kompetensi guru biasanya terdeteksi secara otomatis sesuai dengan data kompetensi sertifikasinya, jika belum tampil berikut cara mengisi kompetensi guru di dapodik
2019.e. Pada versi ini guru bisa mengisi secara mandiri (baca : dapodik 2019 data gtk hanya bisa diubah gtk sendiri) cukup dengan menekan tombol tambah pada menu kompetensi guru pada menu riwayat dan secara otomatis akan membaca kompetensi PTK bersangkutan.

Perlu dicatat karena menu ini secara otomatis akan mengisi sesuai dengan ijazah PTK bersangkutan sehingga jika ada PTK yang ijazahnya tidak linear dengan mapel yang di ampuh maka harus dilakukan penyesuaian pada menu kompetensi sesuai dengan mapel yang diajarkan oleh PTK bersangkutan.

5. Masalah Kepsek belum dipilih

Biasanya kalau terjadi rilis pembaharuan dapodik, jabatan kepala sekolah mengalami perubahan (kepala sekolah belum dipilih). Aturan dimana PTK dengan tugas tambahan sebagai Kepala bukan merupakan tugas utama, hal inilah yang kemudian mempengaruhi validasi kepala sekolah belum dipilih pada beranda utama dapodik.

Agar kepala sekolah bisa muncul di beranda maka PTK yang menjabat sebagai tugas tambahan kepala sekolah harus di pilih sebagai kepala sekolah pada jenis PTK nya. Caranya masuk pada data rinci PTK lalu pada bagian data kepegawaian pilihlah jenis PTK sebagai kepala sekolah, simpan dan refresh.

Update:

Tinggalkan Balasan