Tarik PD Dapodik 2020

Posted on

Menarik Peserta Didik baru (PD) ke dalam aplikasi Dapodik versi 2020 segera dilakukan bagi sekolah-sekolah yang tidak menggunakan PPDB online. Sistem ini dilakukan bagi sekolah yang sudah terdaftar di Dapodik.

Sedangkan jika sekolah tidak terdaftar dalam Dapodik maka harus dilakukan sistem tambah PD diluar Dapodik. Menambahkan peserta didik secara manual memerlukan proses verifikasi oleh dinas. Data peserta didik harus dilengkapi melalui aplikasi dapodik.

Menarik PD maupun menambah secara manual terhadap peserta didik baru tidak langsung dikerjakan melalui aplikasi dapodik, melainkan harus masuk pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Jika aplikasi Dapodik sebelumnya belum dilakukan sinkronisasi maka pada laman tarik PD tidak muncul rombel tujuan. Kendati demikian hal tersebut masih tetap bisa dilakukan.

Tarik PD tidak hanya bisa dilakukan satu-persatu siswa, namun juga bisa dilakukan secara kolektif pada satu sekolah yang sama. Sedangkan untuk menambah secara manual harus dilakukan satu-persatu.

Setelah semua ditambahkan maka lakukan sinkronisasi pada aplikasi Dapodik agar peserta didik bisa masuk dan melakukan mapping rombel. Sinkronisasi dapodik harus dilakukan validasi terlebih dulu.

Jika masih terdapat data invalid maka lakukan perbaikan. Sinkron Dapodik masih bisa dilakukan jika terdapat data yang warning.

Akan lebih baik jika kita sudah melakukan sinkronisasi dapodik terlebih dulu sehingga ketika menarik PD maupun menambah PD diluar Dapodik langsung bisa kita masukkan pada rombel tujuan.

Update:

  • tarik pserta didik di luar dapodik 2020
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan