Transfer Response CBTSync UNBK Wajib Aktif

Transfer Response CBTSync UNBK Wajib Aktif

Semua proktor sudah tahu apa itu transfer response CBT Sync UNBK?. Yang menjadi catatan pentingnya adalah bahwa menu transfer response tersebut wajib diaktifkan.

Dalam pelaksanaan UNBK 2019 mendatang kita tidak tahu bakal kendala apa yang terjadi di lapangan, untuk antisipasi mengatasi kendala tersebut salah satunya sudah dipersiapkan satu fitur pada aplikasi CBT UNBK yakni menu Transfer Response.

Pentingnya menu transfer response ini diaktifkan karena fungsinya mengembalikan data yang berupa file – file Dump ke VHD hasil backup ketika VHD utama mengalami crash atau kerusakan.

Namun sebelumnya, VHD yang telah disinkronkan haris di backup terlebih dulu. Backup VHD ini tujuannya mempermudah instalasi untuk menggantikan VHD utama apabila terjadi kerusakan.

Sialnya, ketika Anda tidak melakukan backup, jika terjadi trouble fatal error maka Anda harus menggunakan VHD yang fresh. Tidak bisa Tidak.

Bedanya disini, Anda harus mengajukan unlock sinkron ke Provinsi dengan berbagai prosedur yang harus Anda lakukan. Setelahnya Anda harus melakukan sinkronisasi ulang ketika unlock sinkron sudah disetujui Admin Provinsi.

Setelah proses diatas sudah Anda lalui, selanjutnya tinggal mengaktifkan menu Transfer Response.

Cara mudah mengaktifkan menu transfer response CBTSync UNBK

Sebagai gambaran langkahnya by smallant 2018 :

  1. Buat Folder sembarang pada (FDD), contoh : TResponse.
  2. Share folder TResponse (yang sudah dibuat tadi) dengan cara klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Share With – Specific People.
  3. Pada layar dialog File Sharing yang muncul, pilih Everyone di pilihan combo box >> kemudian tekan tombol Add.
  4. Perhatikan pada bagian kolom Permission Level, pastikan untuk dirubah ke Read/Write.
  5. Sekali lagi pastikan untuk dirubah ke Read/Write.
  6. Kemudian tekan tombol Share.
  7. Your Folder Is Shared >> tekan Done.
  8. Pada icon Wifi / LAN Tekan mose kanan >> Kemudian pilih : Open Network and Sharing Center.
  9. Pada tampilan Network and Sharing Center >> pilih menu Change advance sharing setting.
  10. Pastikan opsi Turn off password protected sharing >> Save changes.
  11. Buka Windows Explorer, dan pada address bar, ketikkan IP Server Host seperti berikut : \192.169.0.199 kemudian tekan tombol Enter.
  12. Buka Command Prompt, ketikkan ipconfig untuk melihat ip komputer host. Patikan IPV4 Address : 192.169.0.199.
  13. Jika langkah2 yang dilakukan diatas semua benar, maka akan muncul folder sharing TResponse (yang sudah dibuat sebelumnya) >> double klik folder tersebut.
  14. Klik kanan pada Address Bar Windows Explorer (\\192.169.0.199\TResponse) kemudian pilih Copy pada layar dialog yang muncul.
  15. Masuk CBT Aplication >> menu Transfer response >> Folder Dump : Hapus patch default, kemudian ganti dengan hasil copy alamat folder TResponse pada langkah ke 14 tadi (tekan tombol keyboard Ctrl+V).
  16. User name : Isi dengan nama komputer Host (bisa dilihat di System).
  17. Password : isi terserah Anda (harus).
  18. Server IP : Isi dengan alamat IP Host 192.168.0.199.
  19. Setelah semua terisi, kemudian tekan tombol Simpan.
  20. Pada folder TResponse yang ada di FDD akan ada file TESME.txt apabilan proses pengaktifan menu Transfer Response berhasil!
  21. Jika masih gagal silahkan ulang kembali, pastikan tidak ada langkah yang terlewatkan.

Download manual panduan cara mudah mengaktifkan menu response transfer UNBK CBT Sync

PENTING : Pengaktifkan menu Transfer Respon ini harus dilakukan dipagi hari sebelum sesi ujian dilakukan, dan tidak melepas FDD selama ujian berlangsung!.

Untuk melakukan restore, cukup buka menu Transfers Response klik select files untuk mencari files dump tersebut, kemudian masukkan token yang diberikan oleh pusat lalu klik Import Response.

Update: