Unggah BioUN 2020 Untuk Data Simulasi UNBK

Simulasi UNBK 2 tahun 2019/2020 rencananya sudah menggunakan data peserta yang diambil dari laman BioUN 2020. Mulai sekarang Anda sudah bisa login ke laman BioUN 2020 dan mengunggah data calon peserta ujian nasional.

Login BioUN 2020 masih menggunakan username dan password BioUN lama, setelah berhasil login silahkan ubah password lama Anda untuk keamanan serta lakukan perbaikan data personal dan data identitas sekolah Anda.

Sebelum mengunggah daftar calon peserta UN dengan file format *.DZ/*.EZ yang diambil dari laman PDUN. Pastikan bahwa file yang Anda download sudah benar dan sudah diverval melalui laman Verval PD.

Anda bisa melihat panduan pendataan calon peserta UN dilaman BioUN 2020 secara lengkap untuk menghindari kesalahan saat melakukan setting data peserta ujian nasional 2020.

Bagaimana jika terjadi kesalahan data peserta pada laman BioUN?

Jadi saya ingatkan kembali, poin penting dari pendataan Capesun ini adalah di data PDUN. Data PDUN yang mempengaruhi kevalidan data BioUN. Jadi fokusnya adalah data PDUN dan verval PD.

Kalau kita melihat alur pendataannya adalah sebagai berikut :

  1. Data calon peserta Ujian Nasional sumbernya diambil dari data Dapodikdasmen. Dari sini data peserta didik yang berhubungan dengan data UN harus dilengkapi. Seperti Nopes UN, nomor seri ijazah, nomor SHUN dll.
  2. Melalui sinkronisasi data calon peserta UN akan ditarik ke laman PDUN. Jika terjadi kesalahan data personal maka harus dilakukan verval PD, Jika sudah di approve oleh Dinas Kab/Kota setempat selanjutnya data akan ditarik ulang ke laman PDUN.
  3. Laman BIOUN tidak melakukan tarik data calon peserta Ujian Nasional secara otomatis dari laman PDUN. Anda harus mendownload file .dz /.ez kemudian mengunggah secara manual ke BioUN. Disini Anda harus melakukan setting data mapel ujian pilihan, Anda juga harus melakukan verifikasi data DNS dan data DNT untuk difinalisasi.
  4. Setelah proses verifikasi DNS/DNT dari Dinas setempat selanjutnya pada laman UNBK Anda harus melakukan sinkronisasi untuk menarik data peserta UN.

Perhatikan! Perubahan Nama Siswa membutuhkan konfirmasi Puspendik ! Untuk meminimalisir kesalahan data siswa di bioun fokuskan validasi data pada PDUN dan verval PD.

Add a Comment