VERVAL PD KEMENAG MATCH & NOT-MATCH NISN

Posted on

Dashboard Verval PD Kemenag, yang menggambarkan perbandingan antara data siswa di menu referensi dan menu residu baik menurut jumlah maupun persentase siswa sedikit berbeda dengan Verval PD Kemdikbud.

Verval PD yang menjadi poin pertama adalah menu residu. Menu ini menampilkan data siswa per sekolah yang belum diverifikasi NISN-nya dan harus dikelola oleh operator verval PD Kemenag. Fungsi untuk pengajuan NISN baru dan pengelolaan NISN berada di menu ini, melalui tombol MATCH dan NOT-MATCH.

Sebelum melakukan verifikasi validasi data peserta didik, sebaiknya disiapkan data siswa setiap madrasah (NISN, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Tempat Lahir dan Nama Ibu), dikelompokan berdasarkan Kelas.

Langkah awal pelaksanaan verifikasi validasi peserta didik pada naungan Kemenag sebagai berikut:

  1. Buka laman web : http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/
  2. Sebelum melakukan login, pastikan bahwa operator sudah mendaftarkan diri di laman jaringan pengelola data/SDM : http://sdm.data.kemdikbud.go.id/, dan telah disetujui oleh Admin PDSP.
  3. Setelah login, Disana Anda akan menemukan 4 menu yang fungsinya berbeda.

Selanjutnya Anda harus memahami setiap menunya, untuk menampilkan data siswa per madrasah yang sudah memiliki NISN dan dilengkapi juga dengan tombol UNMATCH, tombol yang berfungsi untuk mengembalikan data siswa dari menu referensi ke menu residu. Anda bisa melihat pada menu Referensi.

Langkahnya :

  1. Klik pada menu Referensi.
  2. Klik tanda cerek yang ada di sebelah kiri nama Kabupaten/Kota dan Kecamatan, dan akan terlihat detailnya (Daftar Nama Kecamatan dan Daftar Nama Madrasah).
  3. Pilih salah satu Madrasah, maka akan terlihat tabel data di sebelah kanan terisi oleh data siswa yang sudah memiliki NISN pada madrasah yang dipilih (data siswa diambil dari database EMIS semester ganjil TP 2018/2019).

Bagian terpenting dari bahasan ini adalah menu Residu (Verval NISN). Menu ini menampilkan data siswa per sekolah yang belum diverifikasi NISN-nya dan harus dikelola oleh operator verval PD Kemenag. Fungsi untuk pengajuan NISN baru dan pengelolaan NISN berada di menu ini, melalui tombol MATCH dan NOT-MATCH.

Langkahnya :

  1. Klik menu Residu.
  2. Pada bagian kiri akan terlihat nama Kabupaten/Kota dan daftar nama Kecamatan, klik tanda cerek di sebelah kiri nama Kecamatan yang dimaksud, kemudian akan muncul daftar nama madrasah.
  3. Pilih salah satu nama Madrasah yang siswanya akan diverval, maka akan terlihat tabel data di sebelah kanan terisi oleh data siswa pada madrasah yang dipilih.
  4. Pada tabel sebelah kanan, pilihlah nama siswa yang akan divalidasi NISN-nya.
  5. Saat diklik, secara otomatis akan dilakukan pencarian dan pencocokan oleh sistem melalui 5 Langkah Pencarian (dengan 5 Metode). Apabila pada salah satu Pencarian ditemukan data yang diindikasikan sama, maka diperlukan verifikasi oleh Operator Kemenag Kabupaten/Kota dengan melakukan klik pada nama hasil pencarian yang diindikasikan sama tersebut.

PENTING!. Pada proses ini diperlukan kehati-hatian dan ketelitian, karena pada proses ini akan diputuskan apakah siswa yang bersangkutan sudah memiliki NISN atau belum.

Jika diputuskan ada data yang diindikasikan sama (Match) berarti siswa tersebut dianggap sudah memiliki NISN, dan selanjutnya variabel data siswa pada database Arsip NISN PDSP akan diupdate dengan data yang ada pada database EMIS (kecuali data NISN).

Jika diindikasikan tidak ada data yang sama (Not Match), berarti siswa tersebut dianggap belum memiliki NISN, dan oleh karenanya sistem akan membuatkan NISN baru untuk siswa yang bersangkutan.

Pencarian bisa saja dimulai dari metode 1 atau langsung ke metode 5, atau diantara 1-4 (tergantung tingkat kecocokan data siswa pada database EMIS dengan database Arsip NISN PDSP). Pencocokan bisa dilihat dari NISN, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir Siswa. Untuk Nama Ibu mungkin saja kosong pada database Arsip NISN PDSP.

Apabila pada salah satu pencarian (1 sampai 5) ditemukan data yang diindikasikan sama, maka kliklah nama pada bagian bawah (tabel siswa hasil pencarian), lalu klik tombol ‘Match’. Jika diindikasikan tidak ada yang sama (cocok), maka klik tombol ‘Not Match’, maka secara otomatis sistem akan membuatkan NISN bagi siswa tersebut dan NISN tersebut akan masuk ke dalam ‘Referensi’ dan Arsip NISN PDSP. Sedangkan pada menu Residu sudah tidak akan muncul.

Semoga berhasil.

Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *