Verval PD PKBM 2019/2020

Posted on

Verifikasi dan Validasi data peserta didik Pusat Kegiatan Belajar mengajar (PKBM) 2019/2020 merupakan agenda rutin yang wajib dilakukan oleh operator untuk memastikan jumlah peserta didik yang masuk ke vervalpd sesuai dengan jumlah peserta didik yang sudah diisikan ke aplikasi DAPODIK.

Selain itu, juga memastikan peserta didik yang sudah diisikan ke aplikasi DAPODIK memiliki NISN serta memperbaiki data yang tidak sesuai (data invalid) pada aplikasi DAPODIK agar peserta didik memenuhi syarat untuk diberikan NISN.

Sebelumnya Operator Sekolah harus sudah selesai melakukan pengisian data peserta didik melalui aplikasi DAPODIK, sudah melakukan sinkronisasi data agar data peserta didik masuk dalam database laman verval PD.

Selanjutnya Operator Sekolah yang sudah terdaftar melalui jaringan pengelola data dapat mengakses laman vervalpd.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password yang terdaftar di jaringan pengelola data (SDM).

Jika belum, maka Operator Sekolah melakukan registrasi untuk menjadi pengelola data peserta didik melalui laman jaringan pengelola data (sdm.data.kemdikbud.go.id).

Kenapa hal ini harus dilakukan? karena akun Dapodik tidak bisa digunakan untuk mengakses laman verval PD. Akun Dapodik berbeda dengan Akun SDM Kemdikbud.

Mekanisme Verifikasi dan Validasi NISN

  • Melakukan Verifikasi dan Validasi Data
  • Melakukan pengajuan perubahan NISN
  • Melakukan pengajuan perubahan identitas (Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung
  • Melakukan pengajuan NISN untuk siswa mutasi

Update:

  • verval pd pkbm
Gambar Gravatar
Belelajar menulis secara online semoga bermanfaat untuk orang lain. Berkah untuk semua.

One thought on “Verval PD PKBM 2019/2020

Tinggalkan Balasan