Verval PD SD 2019/2020

Verval PD SD tidak jauh berbeda dengan verval PD PKBM, verval PD SMP maupun SMA karena laman yang digunakan adalah sama http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ baik mengenai fitur menu dan cara kerjanya.

Verval PD secara umum digunakan untuk melihat Perbandingan data Peserta Didik pada data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam referensi dan Data Invalid, Data Belum memiliki NISN, dan Data Tidak memiliki NISN.

Tujuannya sangat jelas yakni melakukan verifikasi dan validasi data siswa jika terjadi kesalahan saat melakukan entri data di aplikasi Dapodik. Misalnya perubahan data siswa yang tidak bisa di edit di dapodik yakni NISN, Nama siswa, Nama Ibu Kandung, tanggal lahir dan lain sebagainya.

Data siswa yang masuk pada laman verval PD akan dikelompokkan pada masing-masing fitur menu, misalnya:

Menu Referensi : Disini terdapat sub menu aktif dan sub menu lulusan. “Menu Akif” menampilkan data peserta didik dengan NISN valid. “Menu Lulusan” menampilkan data peserta didik lulusan tahun kemarin dengan keterangan melanjutkan ke SMP tujuan (bila data sudah di tarik on line oleh OPS penerima di sekolah tujuan).

Menu Belum memiliki NISN : Menampilkan daftar data Peserta Didik Mutasi masuk dari sekolah lain yang merupakan data siswa hasil sinkronisasi dari aplikasi Dapodik dengan proses registrasi masuk ke rombel sebagai MUTASI.

Langkah 1 :

  1. Klik tombol MUTASI SISWA
  2. Tampil pencarian data siswa mutasi di sekolah asal. (syaratnya siswa harus sudah diregistrasikan keluar/mutasi keluar dari sekolah asal).
  3. Cari data siswa mutasi di sekolah asal :
  4. Pilih nama PROPINSI dari sekolah asal
  5. Pilih nama KABUPATEN/KOTA dari sekolah asal, dan
  6. Pilih sekolah asal dengan mengetikkan NPSN
  7. Pilih Nama Siswa , Klik PILIH SISWA

Setelah proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN > BERDASAR MUTASI. Setelah di Approve data siswa akan kembali ke Menu Referensi Aktif.

Langkah 2 :

  1. B1 — Jika data sekolah ditemukan, namun data siswa yang dimaksud tidak ditemukan, cukup klik PILIH SEKOLAH
  2. B2 — Jika data sekolah asal dan data siswa (kedua datanya) tidak ditemukan sama sekali, klik TIDAK DITEMUKAN.
  3. Setelah salah satu proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN > PERMINTAAN SEKOLAH.
  4. Setelah di Approve oleh Dinas maka data akan mengalir ke Vervalpd Pusat (PDSPK) . Hasil Approval akan kembali ke Menu Referensi Aktif

Menu Status Pengajuan Mutasi : Menampilkan daftar Kemajuan Progres Data Peserta Didik pengajuan Mutasi. Menu ini adalah hasil dari proses Klik Mutasi di menu BELUM MEMILIKI NISN. Data Mutasi yang sudah di setujui berada pada Menu Referensi Aktif.

Menu Data Invalid : Daftar siswa yang ada disini menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik. Jika ada kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik, maka sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur ini.

Langkah perbaikannya silahkan Cek kembali di Dapodik dan perbaiki Contohnya: ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain.

Menu Edit Data : Terdapat sub menu Status dan sub menu Pengajuan, serta sub menu Nama & Tanggal Lahir. Sebagai catatan bahwa Data peserta didik yang sudah menjadi Referensi Aktif VervalPD masih bisa diajukan perubahan. Variabel identitas yang bisa diajukan perubahan dari VervalPD meliputi: Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, serta Nama Ibu Kandung.

Cara melakukan edit data siswa:

  1. Pada menu Pengajuan Pilih sub menu yang akan diedit
  2. Tekan tombol pilih siswa > Ok > Pilih siswa > Ok
  3. Isikan Identitas baru sesuai dengan identitas yang tercantum di akte kelahiran peserta didik. Seluruh variabel identitas harus diisi lengkap meski hanya satu atau dua variabel saja yang sebenarnya akan diajukan perubahan.
  4. Lampirkan/upload scan Ijazah sesuai ketentuan. Dokumen yang diijinkan berupa Akte kelahiran atau Surat Keterangan lahir, upayakan scan dari dokumen asli, file ekstensi JPG atau PNG, dengan ukuran maksimal file sebesar 1 MB (Megabytes).
  5. Pastikan Tombol indikator dokumen perubahan harus berwarna hijau, agar pengajuan perubahan bisa diajukan ke Dinas. Jika indikator berwarna merah berarti file yang diupload terlalu besar atau bentuk file ekstensi tidak sesuai.
  6. Klik tombol PENGAJUAN PERUBAHAN. Tombol Batal digunakan untuk menggagalkan proses pengajuan perubahan identitas.

Setelah menekan tombol PENGAJUAN PERUBAHAN, maka data akan mengalir masuk ke daftar antrian Dinas untuk proses persetujuan admin Dinas Pendidikan tingkat Kab/Kota terkait. Operator Sekolah bisa mengecek sejauh mana proses pengajuannya (sudah disetujui/ditolak) melalui Status di fitur Edit Data VervalPD.

Jika ada data siswa yang masuk ke menu Belum Memiliki NISN, tetapi status validasinya bukan “Mutasi Siswa” melainkan “Belum Memiliki NISN” padahal siswa tersebut adalah siswa mutasi.

Langkahnya silahkan perbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu. Keluarkan data siswa tersebut dari rombel lalu masukkan lagi kedalam rombelnya, dengan memilih registrasi masuk : MUTASI. Simpan perbaikan lalu sinkronisasi ulang Dapodiknya. Tunggu 2×24 jam hingga status validasi siswa di aplikasi VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasi berubah, silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai awal.

Jika NISN siswa mutasi hasil persetujuan mutasi (approve) oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa tersebut di ijazah sebelumnya maka harus mengajukan edit NISN melalui menu EDIT DATA / PENGAJUAN > NISN.

Update:

Add a Comment