VERVAL PD

Verifikasi Validasi Peserta Didik (Verval PD). Langkah berikutnya setelah Entry data di Dapodikdas dan Dapodikmen, pastikan setiap Peserta Didik memiliki NISN, melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Sebelum melanjutkan ke topik cara verval PD, perlunya kita mengetahui sebenarnya apa, untuk apa, dan mengapa harus melakukan verval PD?.

Apa itu verval PD?

Verval PD adalah verifikasi dan validasi data peserta didik yang di sesuaikan dengan data yang ada di data base PDSPK. Data peserta didik yang dientrikan di aplikasi Dapodikdasmen seperti NISN, Nama Peserta Didik, Nama Ibu kandung, Tanggal lahir akan menjadi kontrol quality data peserta didik baik jumah maupun individual peerta didik.

Kontrol quality jumlah dan individual peserta didik memiliki empat tahapan sebelum masuk ke dalam data werehouse kemdikbud.

Pertama OPS melakkukan entri data peserta didik melalui aplikasi dapodikdasmen.

Kedua, selanjutnya Set Ditjen melakukan kroscek sinkronisasi data dari aplikasi dapodikdasmen apakah semua data peserta didik sudah di entri oleh OPS.

Ketiga, ODS PDSPK melakukan kroscek data apakah semua data peserta didik berhasil sinkronisasi ke ODS dengan cara melihat pada laman pd.data.kemdikbud.go.id. Selanjutnya untuk memastikan peserta didik memiliki NISN ODS mengirimkan data ke laman vervalpd.data.kemdikbu.go.id

Selanjutnya OPS melakukan verval PD ke laman vervalpd.data.kemdikbu.go.id untuk memastikan apakah ada data peserta didik sudah 100 persen progres valid atau masih ada yang dinyatakan invalid.

Keempat ODS PDSPK memastikan semua data peserta didik aktif dan memiliki NISN melalui laman referensi.data.kemdikbud.go.id

Untuk apa verval PD dilakukan?

Sama halnya PTK yang memiliki nomor wajib yakni NUPTK maka siswa pun memiliki nomor induk siswa nasional yang di singkat dengan NISN. Verval PD dilakukan untuk pengelolaan data peserta didik sesuai dengan Permendikbud nomor 79 tahun 2015.

Pemberian NISN bagi peserta didik yang belum memiliki dan serta matching data NISN yang dianggap memiliki kemiripan namun ada perbedaan dengan data yang terkait.

Perbaikan data NISN peserta didik perlu dilakukan karena berhubungan dengan data ujian nasional, mengambil SHUN secara online maupun data pengkodean referensi identitas peserta didik.

Kesalahan NISN maka data peserta didik tidak ditemukan dalam pencarian database NISN. Silahkan cek keabsahan data NISN di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Mengapa harus melakukan verval PD?

Jika melihat secara singkat paparan diatas, maka sangat penting melakukan verval PD. Data peserta didik yang tidak valid akan menimbulkan masalah untuk infrastruktur sekolah maupun peserta didik itu senduri.

Misalnya peserta didik dinyatakan tidak bisa mengikuti UNBK karena datanya tidak valid terutama pada data NISN, pihak sekolah juga akan kesulitan memasukkan data peserta didik ke aplikasi BIOUN.

Jadi bisa dibayangkan dampaknya sangat tidak baik untuk sekolah, operator maupun peserta didik karena akan membuat lima kali lipat kerja jika tidak melakukan verval PD.

Bagaimana caranya verval PD?

  • Setelah melakukan sinkronisasi data di aplikasi Dapodik. 2×24 jam Anda bisa melihat progres validasi di laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  • Silahkan login dengan akun SDM Anda
  • Lihat pada menu residu karena data PD yang invalid akan masuk disana
  • Lakukan perbaikan data di aplikasi dapodik. Lakukan sinkronisasi lagi
  • Jika data yang invalid itu pada NISN, Nama ibu, Tanggal lahir, Nama PD maka harus mengajukan perubahan di menu ajukan perubahan.

Verval PD bisa dilakukan setiap saat tanpa harus menunggu persemester.